-->

Ads (728x90)

 

Rutan Batam Gelar Program Berantas Buta Aksara Al-Qur’an Bagi Warga Binaan
Warga binaan saat sedang belajar membaca Al Quran di Rutan Batam, Selasa (22/10/24)(Ist/Dedi)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam gelar program “Berantas Buta Aksara Al-Quran” sebagai upaya meningkatkan pemahaman agama dan keterampilan membaca Al-Quran bagi warga binaan.

Program ini bertujuan untuk mengurangi buta aksara Al-Quran dikalangan warga binaan dan memberikan mereka akses kepada ilmu agama yang lebih baik.

Dalam program ini, warga binaan akan mengikuti sesi pembelajaran yang rutin setiap harinya secara terjadwal. Mereka pun tidak hanya belajar membaca Al-Quran, tetapi juga memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci tersebut.

Pendekatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam serta mendorong pembentukan karakter yang lebih baik.

"Melalui program ini, diharapkan para warga binaan dapat merasakan manfaat yang signifikan, tidak hanya dalam hal keterampilan membaca, tetapi juga dalam membangun kepribadian yang lebih baik lagi dalam mempersiapkan diri kembali ke masyarakat, " kata Karutan Batam, Fajar Teguh Wibowo, Selasa (22/10/24) kemarin sore.

Setelah selesai gelar program “Berantas Buta Aksara Al-Quran”, dilanjutkan olah raga sore dengan bermain futsal untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Rutan Batam yang diikuti seluruh warga binaan secara bergiliran. Dalam pelaksanaannya, setiap warga binaan bergantian setiap harinya sesuai kamar yang telah terjadwal.

Antusiasme terlihat jelas di wajah warga binaan saat mereka berlarian menggiring bola di lapangan. Mereka tidak hanya fokus bermain, tetapi juga menikmati kebersamaan yang tercipta diantara mereka.

Setiap harinya, warga binaan dibagi menjadi kelompok sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sehingga setiap kamar mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi.

“Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan mengurangi stres. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, warga binaan dapat merasa lebih baik lagi” ujarnya Kepala Rutan Batam, Fajar Teguh Wibowo. (De)

Editor : Ismanto

Posting Komentar