-->

Ads (728x90)

Pastikan Dicetak Sesuai Standard, Polda Kepri Tinjau Percetakan Surat Suara di Jawa Timur
Kasubdit Audit Ditpamovit Polda Kepri, AKBP Syafruddin Dalimunthe, SH., MBA (kanan) saat memeriksa surat suara Pilgub Kepri di percetakan PT Impera Pratama Indonesia di Jawa Timur, Rabu (16/10) (dok Humas Polda Kepri).

By Posman

BATAM, Peristiwanusantara.com
- Kasubdit Audit Ditpamovit Polda Kepri, AKBP Syafruddin Dalimunthe, SH., MBA meninjau PT Impera Pratama Indonesia, perusahaan yang mencetak surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024, di Jawa Timur, Rabu (16/10).

Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan proses pencetakan berjalan dengan tertib dan aman. Selain itu surat suara yang diproduksi sesuai dengan standar, dan dapat digunakan secara tepat pada hari pemungutan suara nanti.

Adapun surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri tahun 2024 yang dicetak adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) : 3.327 unit.
  2. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) : 1.559.727 orang.
  3. Surat suara cadangan (2,5% dari jumlah DPT per TPS) : 40.551 lembar.
  4. Surat suara tambahan untuk pemungutan suara ulang (PSU) : 2.000 lembar.
  5. Total surat suara yang dicetak: 1.602.278 lembar.

Kasubdit Audit Ditpamovit Polda Kepri mengatakan pendampingan dan pengawalan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Seligi 2024 yang bertujuan untuk menjamin keamanan, transparansi, serta kelancaran seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

"Melalui kegiatan ini, aparat keamanan berupaya memastikan bahwa tidak ada hambatan atau potensi gangguan selama proses produksi dan distribusi surat suara hingga ke tempat pemungutan suara," kata AKBP Syafruddin Dalimunthe dalam keterangannya yang disampaikan kepada sejumlah awak media, Rabu, (16/10/2024).

Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendampingan dan pengawalan tidak hanya dilakukan pada proses pencetakan surat suara, tetapi juga akan berlanjut hingga distribusi surat suara ke seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan Pilkada yang damai, aman, dan tertib. Serta menghindari segala bentuk provokasi, berita hoaks, atau tindakan yang dapat memicu konflik. Pilkada yang aman dan damai merupakan tanggung jawab kita Bersama.

"Mari kita wujudkan pesta demokrasi ini dengan penuh kedamaian, serta menjaga nilai-nilai demokrasi yang sudah kita bangun,” katanya.

Polda Kepri dan seluruh instansi terkait akan terus melakukan pengawalan dan pendampingan intensif, guna memastikan setiap tahapan Pilkada berlangsung dengan aman, mulai dari pencetakan, distribusi, hingga pemungutan suara.

Sinergi antara kepolisian, KPU, Bawaslu, dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif, sehingga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2024 berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin yang berintegritas. (Man)

Editor : Ismanto

Posting Komentar