-->

Ads (728x90)

Diguyur Hujan Lebat, Hampir Seluruh Kota Batam Terendam Banjir
Mobil mogok lantaran nekad menerobos jalan di Jalan Panbil Muka Kuning, Senin (14/10/24) pagi. (Dedi/Peristiwanusantara.com)

By Dedi Manurung
BATAM, Peristiwanusantara.com
– Akibat diguyur hujan deras sejumlah wilayah di Kota Batam terendam banjir, pada Senin (14/10/24) pagi. Tinggi genangan air  mencapai 30 hingga 50 sentimeter, membuat kendaraan roda dua dan roda empat kesulitan untuk melintas.

Pantauan di lapangan ruas jalan yang tergenang banjir itu, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Suprapto, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Laksamana Bintan serta simpang lampu merah Kepri Mall. 

Tingginya genangan air membuat pengendara terpaksa menghentikan perjalanannya dan berteduh menunggu air surut.

"Saya terpaksa menghentikan perjalanan dan berteduh di pinggir jalan karena air sudah cukup tinggi. Takut mesin motor mati karena terendam," kata Hendro, salah seorang pengendara motor yang terjebak banjir di Jalan Kepri Mall. 

Hampir seluruh wilayah Kota Batam tergenang banjir, hal ini disebabkan luapan dari drainase tidak mampu menampung air hujan disebabkan drainase atau saluran mampet akibat dipenuhi sampah.

"Kayaknya merata semua hujannya. Makanya di mana-mana lumpuh lalulintas dikarenakan banjir. Dah sangat parah banjir ini, padahal hanya diguyur hujan gerimis tetapi langsung banjir, " katanya Ismail salah seorang warga Batuaji.

Di Jalan Panbil Muka Kuning, beberapa kendaraan roda empat terlihat mogok lantaran nekad menerjang genangan air yang cukup dalam. Hal ini menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan, karena kendaraan lain terpaksa harus berhenti atau mencari jalur alternatif.

"Ini kayaknya paling parahnya banjirnya, karena hujan hampir seharian jadi kita tak bisa beraktivitas seperti biasanya, " ujar Aditya, warga Sei Beduk.

Sementara, Kapolsek Sagulung, Iptu Rohandi Parlindungan Tambunan mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat melintas di ruas jalan yang tergenang dan sebisa mungkin menghindari area tersebut hingga air surut.

"Untuk masyarakat Kota Batam, khusunya Warga Sagulung agar tetap berhati-hati saat melintas di ruas jalan yang tergenang dan sebisa mungkin menghindari area tersebut hingga air surut, " imbaunya.

Hingga dini hari, hujan masih terus mengguyur Kota Batam. Diperkirakan cuaca buruk akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memantau kondisi cuaca, serta mengikuti arahan dari pihak berwenang terkait penanganan banjir. (De) 

Editor : Ismanto

Posting Komentar