-->

Ads (728x90)

Cegah Peredaran Narkoba, Petugas Rutan Batam Geledah Blok Tahanan Secara Acak
Petugas keamanan Rutan Batam saat menggeledah blok tahanan Kamis (17/10/2024) 9Ist/Peristiwanusantara.com)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com - Petugas keamanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam geledah blok tahanan secara tiba-tiba dan secara acak. Hal tersebut untuk mengantisipasi barang terlarang masuk ke dalam blok hunian.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Rutan yang dilaksanakan oleh petugas sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Rutan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Batam (KPR), Purwo Aji Prasetyo mengatakan, penggeledahan dilakukan di semua blok hunian tahanan secara bergantian secara acak.

"Kegiatan kali ini kita lakukan di semua kamar hunian tahanan. Tidak seperti biasanya secara acak," kata Aji, Kamis (17/10/2024).

Aji juga menjelaskan, untuk melancarkan proses penggeledahan tahanan dikeluarkan dari kamar secara bergantian.
"Saat penggeledahan kamar, tahanan kota dipindahkan ke gang blok, selanjutnya setelah selesai tahanan kembali masuk ke dalam kamar," terangnya.

Selain penggeledahan kamar hunian, pihaknya juga melakukan penggeledahan badan tahanan. Hal ini juga dilakukan mengingat jumlah tahanan yang ada di dalam Rutan sudah melebihi kapasitas. Sementara saat ini jumlah narapidana di Rutan kelas IIA Batam sebanyak 985 orang.

Sementara dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan narkotika di dalam Rutan, barang-barang lainnya yang dilarang juga tidak ditemukan.

"Kegiatan serupa biasanya kita lakukan setiap hari, secara acak. Harapan kita tidak ada barang-barang yang tidak seharusnya di dalam ruang tahanan," kata Aji.

"Kami melakukan pengawasan harus ekstra, di samping itu kita juga berupaya mengantisipasi agar barang yang tidak bisa masuk ke dalam blok hunian tidak ada di dalam blok," ucapnya. (De)

Editor : Ismanto



Posting Komentar