-->

Ads (728x90)

6 ABK Kapal KLM Mutiara Kencana yang Tenggelam di Perairan Karimun Berhasil Diselamatkan Tim Gabungan
ABK kapal KLM Mutiara Kencana saat terombang-ambing di tengah laut Senin (28/10/2024) (Ist/Robert)

By Robert

KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Akibat cuaca buruk, ombak besar menghempas lambung kapal KLM Mutiara Kencana hingga bocor mengakibatkan kapal tersebut tenggelam.

Enam orang anak buah kapal (ABK) kapal tersebut terombang-ambing di tengah laut selama beberapa jam.

Beruntung, Tim Gabungan yang terdiri dari Bea Cukai Kepri, Basarnas, Sat Polairud Polres Karimun dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun berhasil menyelamatkan keenam ABK kapal tersebut di Perairan Pulau Karimun Anak, pada Senin (28/10/2024)

Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Tutut Basuki, mengatakan petugas langsung bertindak setelah mendapatkan informasi, ada kapal tenggelam di sekitar Perairan Pulau Karimun Anak. 

"Saat menerima laporan, petugas langsung bergerak cepat mencari kapal tersebut dan memastikan keselamatan para ABK yang mungkin berada di Perairan Pulau Karimun Anak," kata Tutut kepada wartawan di Karimun, Senin (28/10).

Setelah pencarian dilakukan secara intensif, lanjutnya, akhirnya tim berhasil menemukan keenam ABK tersebut yang mengapung di laut. Kemudian petugas mengevakuasi mereka ke atas Kapal Patroli Bea Cukai. 


Berdasarkan laporan yang diterimanya, kondisi para korban cukup mengkhawatirkan, sehingga pertolongan pertama dan perawatan langsung diberikan di atas kapal untuk memulihkan kondisi fisik mereka.

Berdasarkan keterangan dari ABK tersebut, mereka berangkat dari Batu Pahat tujuannya ke Selatpanjang, tiba-tiba kapal mereka mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk.

"Hempasan ombak besar menyebabkan kapal mereka mengalami kebocoran pada lambungnya, hingga akhirnya tenggelam," ungkapnya

Setelah diselamatkan, para ABK dibawa ke Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau untuk penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut.

“ Penyelamatan ini merupakan salah satu bukti konkret dari sinergi yang telah terjalin baik antara Bea Cukai Kepri, Basarnas Karimun, Sat polairud Polres Karimun, dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dalam menjaga keselamatan dan keamanan perairan,” kata Tutut Basuki.

Ia berharap sinergi antar lembaga ini dapat terus diperkuat demi memberikan perlindungan maksimal bagi semua pihak yang beraktivitas di wilayah Perairan Kepri. (Parul)

Editor : Ismanto

Posting Komentar