-->

Ads (728x90)

2.500 Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu Mengikuti UKBI Adaftif Merdeka Secara Serentak
Gubernur Bengkulu saat meninjau pelaksanaan UKBI Adaftif Merdeka di GOR Sawah Lebar, Selasa (24/09/24) (Ist/Indra).

By Indra Syahputra
    
BENGKULU, Peristiwanusantara.com
– Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu melaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka serentak bagi siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu, Selasa (24/09/24).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, M.M.A., melalui ruang virtual zoom meeting dari GOR Sawah Lebar, diikuti 1.000 siswa SMA/SMK dan diikuti 1500 siswa SMA/SMK melaksanakannya dari kabupaten masing-masing.

Hadir secara langsung dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., didampingi Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Turut hadir juga seluruh kepala SMA/SMK se-Kota Bengkulu.

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu mengatakan UKBI ini digelar dalam rangka mendukung dan memeriahkan rapat koordinasi (Rakor) Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas di Provinsi Bengkulu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK),

“ Saya mengapresiasi penuh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Gubernur Bengkulu dalam keterangan resminya, Minggu (6/10).

Beliau menyampaikan bahwa dalam konteks globalisasi yang mempercepat perubahan ini, kemampuan berbahasa Indonesia menjadi salah satu fondasi penting membangun SDM unggul dan kompetitif.

Dari kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan kemahiran berbahasa Indonesia di Provinsi Bengkulu dapat terpetakan sepenuhnya, sehingga akan menjadi landasan penyesuaian perangkat pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah ke depannya.

Beliau juga mengimbau agar seluruh peserta dapat mengerjakn UKBI dengan tenang dan baik, sehingga hasil yang diperolehpun maksimal.

Kepala Badan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D menyampaikan bahwa sampai saat ini, UKBI Adaptif Merdeka telah diikuti oleh lebih dari 900.000 penguji di seluruh Indonesia. 

Beliau mengapresiasi seluruh sekolah yang terlibat dalam penyelenggaraan UKBI serentak se-Provinsi Bengkulu ini.

“ Sertifikat UKBI yang akan diperoleh siswa setelah pengujian ini akan berlaku selama dua tahun dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu syarat wajib untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek ketika kuliah,” katanya. (Ind)

Editor : Ismanto

Posting Komentar