-->

Ads (728x90)

14 RKB SD di Kota Batam Telah Dibangun, Rencananya Akhir Oktober Akan Serahterima
Kadis Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto (Ist/dedi)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com -- Sebanyak 14 ruang kelas baru (RKB) sekolah dasar (SD) yang dibangun oleh Dinas Pendidikan Kota Batam akan ditargetkan proses serah terima dimulai pada akhir Oktober 2024 mendatang. 

"Iya kami akan terus mempercepat pembangunan agar selesai tepat waktu. Insya Allah, mulai Oktober sudah ada yang diserahterimakan,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto saat dihubungi via whatsapp, Minggu (6/10/24) 

Tri Wahyu Rubianto juga menyampaikan, memang beberapa sekolah akan segera menerima ruang kelas baru pada bulan ini, sementara sekolah lain yang sempat terkendala proses tender ulang ditargetkan rampung sebelum akhir tahun. 

Katanya, proses pembangunan RKB di beberapa sekolah memang mengalami penundaan akibat harus melalui proses tender ulang. Namun bahwa semua proyek akan diselesaikan sesuai target tahun ini.

"Seluruh ruang kelas baru akan selesai sebelum akhir tahun. Namun beberapa sekolah akan mulai menerima secara bertahap pada Oktober ini,” terangnya. 

Ia juga mengatakan, proses serah terima dilakukan setelah pengecekan akhir untuk memastikan kualitas bangunan RKB sesuai standar yang telah ditetapkan. 

"Jadi, nanti kami ingin memastikan bahwa siswa memiliki ruang belajar yang layak dan kondusif untuk proses pembelajaran,” ujar Tri Wahyu.

Diketahui, untuk saat ini, ada sebanyak 14 RKB SD yang tengah dibangun, terdiri dari 9 RKB di sekolah negeri dan 5 RKB di sekolah swasta, termasuk proyek strategis di SDN 009 Batuaji dengan 3 ruang kelas baru. 

Selain itu, Disdik Batam juga akan membangun 24 RKB SMP dan merehabilitasi 26 ruang kelas SD serta 1 ruang SMP.

Sementara, anggaran sebesar Rp 56 miliar telah disiapkan untuk pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas, ruang guru, toilet, serta fasilitas lainnya. Anggaran ini bersumber dari APBD Kota Batam dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Tahun 2025 mendatang, Disdik Batam juga merencanakan pembangunan 3  unit sekolah baru, termasuk dua SMP di Buliang dan Panglong serta satu SD di Sei Langkai. Pembangunan ini diharapkan dapat mengatasi kelebihan kapasitas di beberapa sekolah.

Selain pembangunan infrastruktur, Disdik Batam juga mengupayakan pemenuhan tenaga guru. “Kami juga sedang mengatur penerimaan tenaga guru, dan semoga segera ada keputusan final,” ucap Tri. (De) 

Editor : Ismanto


Posting Komentar