-->

Ads (728x90)

Tingkatkan Keamanan dan Deteksi Dini Peredaran Narkoba, Tim Gabungan Geledah Kamar WBP Lapas Batam
Tim Gabungan saat menggelar razia di kamar hunian warga binaan Lapas Batam, Kamis (12/9/24)(Ist/Dedi)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com
- Tim gabungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA (Lapas) Batam yang terdiri Pegawai Lapas Batam bersama Polsek Sagulung dan personel Koramil 0316-02 Sekupang serta personel BNN Kota Batam gelar razia di kamar hunian warga binaan Lapas Batam secara acak, pada Kamis (12/9/24) siang.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama,  dalam sambutannya Kalapas Batam Heri Kusrita mengatakan kegiatan ini sebagai deteksi dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam bidang keagamanan, serta implementasi tiga kunci pemasyarakatan maju plus back to basic serta mewujudkan Lapas Batam Zero Halinar (HP, pungli, dan narkoba, dan tidak lupa menyampaikan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan yang humanis).

“Kegiatan ini sebagai wujud deteksi dini serta pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang dilaksanakan Lapas Kelas IIA Batam dan menciptakan suasana bebas narkotika di dalam Lapas Batam," ucap Kalapas Batam.

Tak hanya itu, Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Batam, Andre Silalahi yang mengkoordinir jalannya kegiatan razia menyampaikan blok yang digeledah diantaranya blok B1,B2,B3  sd B12 dan Blok C1,C2,C9 sd C16.

"Meskipun kita geledah blok-blok tersebut, namun, kita juga tetap jaga sopan santun dan bersikap humanis kepada WBP yang akan digeledah, serta dalam pelaksanaan tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” terangnya.

Dalam giat razia itu, para petugas tidak menemukan adanya Narkoba tetapi mengamankan barang-barang terlarang seperti kartu remi, sendok stainless, benda tajam dan lainnya untuk didata dahulu untuk selanjutnya dimusnahkan.

Setelah selesai penggeledahan, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan tes urine kepada 31 Orang Warga Binaan di Klinik Pratama Lapas Batam, pelaksanaan diawasi oleh Pesonel BNN Kota Batam dan petugas Lapas batam. Hasil urine menunjukkan tidak ada ditemukannya penggunaan narkotika dan obat terlarang.

"Setelah kamar mereka digeledah, kemudian dilanjutkan melaksanakan tes urine kepada 31 Orang Warga Binaan di Klinik Pratama Lapas Batam, yang diawasi oleh Pesonel BNN Kota Batam dan petugas Lapas Batam dan hasil urine menunjukkan tidak ada ditemukannya penggunaan narkotika dan obat terlarang," tegasnya. (De)

Editor : Ismanto

Posting Komentar