-->

Ads (728x90)

Meski Kerap Diangkut, Pinggir Jalan Trans Barelang Penuh  Sampah
Tumpukan sampah di Jalan Trans Barelang meluber ke pinggir jalan, Senin (0/9) (Dedi/Peristiwanusantara.com)

By Dedi Manurung
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Masalah di Kecamatan Sagulung belum teratasi, padahal pihak Pemerintah Kecamatan Sagulung sudah berupaya menangani sampah dengan baik, tetapi kesadaran masyarakat sangat rendah dan membuang sampah dengan sembarangan.

Tidak tanggung-tanggung masyarakat membuang sampah di daerah yang kerap dilalui masyarakat salah satunya di pinggir Jalan Trans Barelang, Sagulung.

Tumpukan sampah itu terlihat jelas di bahu jalan di sebelah kiri, jika berjalan dari Simpang Barelang ke jembatan I Barelang, panjang tumpukan sampah itu sekitar 20 meter.

Tumpukan sampah itu terdiri dari sampah rumah tangga, sisa material bangunan, sampah pasar, tumpukan sampah itu mengeluarkan aroma bau busuk dan mengakibatkan banyak lalat dan ulat belatung, akibatnya mengganggu kenyamanan masyarakat yang lewat dari lokasi tersebut.

Setiap wisatawan yang hendak berwisata di lokasi destinasi wisata di Jembatan I hingga Jembatan VI Barelang, pasti melewati tumpukan sampah tersebut.

Parahnya lagi, tumpukan sampah itu kerap terbakar hingga menimbulkan asap tebal yang mengganggu jarak pandang pengendara.

"Sebelumnya lokasi ini bersih dari tumpukan sampah. Tapi sejak sampah di sebelahnya di bersihkan, warga malah buang sampah di sini," ucap Andreas, warga di lokasi, Senin (9/9/24).

Menurutnya, tumpukan sampah ini sangatlah menggangu, sebab sampah tersebut sudah mulai meluber hingga ke bahu jalan. Petugas sampah pun sudah kewalahan mengangkutnya karena mereka sudah capek dengan kelakuan warga yang suka membuang sampah dengan sembarangan.

"Sudah bolak balik petugas membersihkan tumpukan sampah ini. Akan tetapi volume sampah malah bertambah setiap harinya," bebernya.
Menurutnya seharusnya ada tindakan dari pemerintah supaya ada efek jera, jika dibiarkan begini terus warga akan semakin meraja rela.

Jhonson, warga lain menyebut pelaku pembuang sampah biasanya menggunakan motor. Saat lewat, sampah akan dilemparkan begitu saja tanpa menghiraukan keselamatan pengendara. Hal seperti ini sangatlah disayangkan karena tidak ada pemahaman tentang kebersihan lingkungan.

"Jika ada turis mau berwisata ke Barelang akan berpikiran negatif gara-gara sampah ini, jadi tolonglah kepada pemerintah agar segera melakukan tindakan tegas," pintanya.

Jhonson dan warga lainnya mengatakan larangan tidak menjadi solusi. Sebab warga tetap akan buang sampah karena memang banyak warga yang tinggal di komplek perumahan tidak memiliki tempat pembuangan sampah.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan pemerintah agar segera menerapkan aturan tegas kepada orang yang membuang sampah dengan sembarangan dan langsung ditindak tegas dan diberikan  sanksi untuk efek jera. (De)


Editor : Ismanto



Posting Komentar