-->

Ads (728x90)

Ini Upaya PT Air Batam Hilir untuk Mengoptimalkan Pemenuhan Hak Atas Air Warga Putrajaya
Masyarakat Tanjung Uncang saat menggelar aksi unjuk rasa di di Simpang Pluto Tanjung Uncang, Batam, Rabu (18/9) (Dedi /Peristiwanusantara.com)

By Posman
BATAM, Peristiwanusantara.com
– PT Air Batam Hilir (ABHi) akan melakukan upaya-upaya teknis untuk dapat mengoptimalkan suplai air bagi warga Perumahan Putera Jaya RW 15 dan RW 22.

Hal tersebut disampaikan Corporate Communication (Corcom) PT Air Batam Hilir (PT MOYA Indonesia) Ginda Alamsyah Lubis untuk menyikapi aksi unjuk rasa yang digelar Perumahan Putera Jaya di Simpang Pluto Tanjung Uncang, Batam, Rabu (18/9).

Warga meminta pemerintah daerah dan pengelola air bersih untuk segera menormalkan aliran air di pemukiman mereka. Jika tuntutan ini tidak terpenuhi maka, warga akan melakukan aksi yang lebih besar lagi dan kompak untuk tidak ikut dalam pemilihan kepala daerah nanti.

"Apabila air tetap tidak hidup di lingkungan RW 15 dan RW 22, maka kami masyarakat. Perumahan Putera Jaya tidak ikut Pilkada," isi tuntutan dalam surat pemberitahuan aksi yang dikoordinir oleh Silvester tersebut.

Mengikapi hal tersebut, Ginda Alamsyah Lubis mengatakan Kapolres Barelang, Pimpinan BP Batam diwakili Deputi 4 dan Direktur Utama PT Air Batam Hilir yaitu Mujiaman, sepakat mewakili kepentingan pemerintah menyadari kebutuhan air warga Putrajaya supaya dilayani dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Ia menyebut PT Air Batam Hilir (ABHi) akan melakukan upaya-upaya teknis untuk dapat mengoptimalkan suplai air bagi warga Perumahan Putrajaya dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan pengaturan valve di seluruh jalur suplai ke arah Putrajaya yang diharapkan akan meningkatkan suplai air ke Putrajaya dan meminimalisir dampak gangguan terhadap seluruh Kota Batam
  2. Membangun fasilitas fisik untuk memastikan terjadinya peningkatan suplai ke Putrajaya sehingga warga Putrajaya mendapatkan suplai air secepatnya sambil menunggu selesainya proyek IPA DK5 dan IPA Tembesi yang akan menyelesaikan secara permanen masalah suplai di Putrajaya
  3. Atas poin 1 dan 2 diatas, Direktur BU SPAM Denny Tondano yang bertindak atas nama BP Batam, telah menyetujui usulan PT Air Batam Hilir untuk membangun fasilitas fisik seperti yang dimaksud pada poin 2 diatas.
  4. Sebagai tindak lanjut perihal ini PT Air Batam Hilir melakukan Tindakan sebagai berikut :
  • Perancangan system Mini Booter Pump di lokasi ujung pipa distribusi utama DN500mm Putrajaya (lokasi terlampir)
  • Melaksanakan survei lokasi untuk mengidentifikasi kebutuhan material, desain dan konstruksi proyek tersebut
  • PT Air Batam Hilir segera melakukan pengadaan dan konstruksi dimaksud. Selama proses pengadaan maka proses persiapan-persiapan fisik secara parallel dikerjakan meliputi: izin lokasi, penyiapan lahal dan lain-lain.
  • PT Air Batam Hilir akan melaporkan perkembangan proyek kepada BP Batam dan stake holder (pihak-pihak yang berkepentingan untuk proyek tersebut)

Ia menyebut bahwa langkah-langkah di atas terus dilakukan dan paralel dengan pengaturan suplai, ABHi mengoptimalkan penambahan pengiriman mobil tangki sebagai upaya paling memungkinkan untuk dilakukan untuk saat ini. 

“ Semua itu dilakukan agar warga di Putrajaya mendapatkan penambahan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Ginda saat ditemui melalui WhatsAppnya, Rabu (18/9) (Man/De)

Editor : Ismanto

Posting Komentar