-->

Ads (728x90)

Ukraina Luncurkan Serangan Pesawat Nirawak Terbesar yang Pernah Ada ke Moskow, Rusia Hancurkan 10 Drone
Ukraina meluncurkan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar yang pernah ada di Moskow (Foto: AP/okezone.com)
Editor By : Ismanto

UKRAINA, Peristiwanusantara.com
  - Ukraina meluncurkan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar yang pernah ada di Moskow pada Rabu (21/8/2024). Unit pertahanan udara Rusia menghancurkan sedikitnya 10 pesawat nirawak yang terbang menuju ibu kota.

Wali Kota Sergei Sobyanin mengatakan beberapa pesawat nirawak dihancurkan di atas Kota Podolsk. Kota di wilayah Moskow itu berjarak sekitar 38 km (24 mil) di selatan Kremlin.

"Sistem pertahanan udara kementerian pertahanan terus menangkis serangan UAV (kendaraan udara tak berawak) musuh," kata Sobyanin di aplikasi perpesanan Telegram pada pukul 4:43 pagi (0143 GMT), dilansir okezon.com, Rabu (21/8/2024)

"Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow menggunakan pesawat nirawak yang pernah ada. Kami terus memantau situasinya,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa menurut informasi awal, tidak ada korban luka atau kerusakan setelah serangan itu. Ukraina sering meluncurkan satu atau dua pesawat nirawak yang menargetkan Moskow dalam beberapa bulan terakhir, tidak menyebabkan kerusakan berarti.

Namun, serangan itu tampaknya lebih besar dari serangan Mei 2023 ketika sedikitnya delapan pesawat nirawak dihancurkan di atas ibu kota dalam sebuah serangan yang menurut Presiden Vladimir Putin merupakan upaya Kyiv untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Rusia.

Pejabat Rusia jarang mengungkapkan ukuran penuh serangan itu, hanya melaporkan pesawat nirawak yang dihancurkan oleh unit pertahanan udaranya.

Baik Ukraina maupun Rusia juga jarang mengungkapkan tingkat kerusakan penuh yang ditimbulkan oleh serangan mereka, kecuali jika infrastruktur perumahan atau sipil rusak, atau warga sipil tewas.

Serangan di Moskow adalah bagian dari serangan pesawat nirawak Ukraina yang lebih luas terhadap Rusia. Sistem pertahanan udara ini juga menghancurkan 18 pesawat nirawak di atas wilayah perbatasan Bryansk dan beberapa pesawat nirawak dan rudal di atas wilayah lain.

Alexander Bogomaz, Gubernur wilayah itu menulis di Telegram bahwa tidak ada korban atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan di wilayah perbatasan Bryansk di barat daya Rusia.

Kantor berita negara Rusia RIA juga melaporkan bahwa dua pesawat nirawak dihancurkan di atas wilayah Tula, yang berbatasan dengan wilayah Moskow di sebelah utara.

Secara terpisah, Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov di barat daya Rusia, mengatakan bahwa pasukan pertahanan udara menghancurkan rudal yang diluncurkan Ukraina di wilayah tersebut, tanpa ada korban luka yang dilaporkan.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen. Tidak ada komentar langsung dari Ukraina.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kyiv telah meningkatkan serangan udaranya di wilayah Rusia, dengan mengatakan tujuannya adalah untuk menghancurkan infrastruktur yang menjadi kunci bagi upaya perang Moskow. Ia juga mengatakan bahwa serangannya merupakan respons terhadap serangan Rusia yang terus berlanjut di wilayah Ukraina. (sst/okezone.com)

Sumber : okezone.com

Posting Komentar