-->

Ads (728x90)

Pimpin Entry Meeting Pemeriksaan Bersama BPK-RI, Jefridin : Pemko Batam Komitmen Sediakan Dokumen dan Informasi
Sekda Jefridin (kiri) menyerahkan dokumen kepada Pengendali Teknis Tim Pemeriksa BPK-RI, Richard Febrianto di Kantor Walikota Batam, Senin (19/8/2024) (Ist/Carles).

By Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com
– Aset merupakan bagian penting dari kekayaan daerah, dan Pemerintah Kota Batam akan berupaya untuk memastikan bahwa pengelolaannya dilakukan dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi

Walikota Batam, Muhammad Rudi menekankan pentingnya pengelolaan aset yang efektif guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kekayaan daerah.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin, M.Pd. saat memimpin Entry Meeting Tim Pemeriksa BPK-RI yang dilaksanakan di Kantor Walikota Batam, Senin (19/8/2024).

Pemeriksaan ini, kata Jefridin, bertujuan untuk menilai manajemen aset Pemerintah Kota Batam untuk semester pertama tahun 2024.

Ia mengatakan bahwa sesuai surat tugas, tim yang terdiri dari 12 orang akan melaksanakan pemeriksaan kepatuhan atas manajemen aset. Proses ini meliputi pemeriksaan dokumen dan kolaborasi dengan pengelola aset, serta penilaian terhadap rekomendasi yang dihasilkan dari pemeriksaan.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama secara optimal dalam menyediakan dokumen dan informasi yang diperlukan untuk pemeriksaan ini,” kata Jefridin.

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan tersebut berlangsung dari tanggal 19 hingga 30 Agustus 2024 untuk tahap pendahuluan dan 1 Oktober hingga 5 November 2024 untuk tahap terinci, bertujuan untuk mengidentifikasi hal pokok, tujuan, dan lingkungan pemeriksaan.

Lingkup pemeriksaan mencakup perencanaan, pengadaan, penerimaan, dan penyaluran aset dari tahun 2023 hingga semester I tahun 2024. Penggunaan dan pemanfaatan aset juga akan dinilai untuk memastikan pengamanan dan penatausahaan yang baik.

“Pemerintah Kota Batam berharap agar proses ini berjalan lancar dan dapat meningkatkan kinerja pengelolaan aset daerah,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Pengendali Teknis Tim Pemeriksa BPK-RI, Richard Febrianto berharap komunikasi dan koordinasi yang baik selama proses pemeriksaan serta menegaskan pentingnya integritas, independensi, dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas.

“Mohon dukungan dan kerjasama dari bapak dan ibu untuk memenuhi kode etik kami dalam melaksanakan pemeriksaan, dalam pemeriksaan akan kami lakukan seluruhnya secara resmi sehingga tidak ada isu negatif yang muncul dari pihak luar,” kata Richard. (les)


Editor : Ismanto

Posting Komentar