-->

Ads (728x90)

Peserta Lomba Gerak Jalan Proklamasi 2024, Pj Walikota Tanjungpinang Apresiasi Antusias Masyarakat
Pj Walikota Andri Rizal bersama Pj. Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlathifa Khifayana saat melepas peserta lomba gerak jalan di Terminal Sei Carang Bintan Center, Tanjungpinang, Kepri, Sabtu (24/8/2024) (Ist/Angga)

By Angga Prasetio

TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com
– Sebanyak 121 peserta putri mengikuti lomba gerak jalan Proklamasi 2024 kategori sejauh 8 kilometer.

Ratusan peserta putri tersebut dilepas Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Andri Rizal, bersama Pj. Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlathifa Khifayana, pada Sabtu (24/8/2024) di Terminal Sei Carang Bintan Center, Tanjungpinang, Kepri.

Lomba gerak jalan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Pelepasan peserta lomba gerak jalan ini dihadiri para pejabat Pemko Tanjungpinang, unsur FKPD, serta masyarakat.

Dikesempatan itu, Pj. Walikota Andri Rizal kepada wartawan mengatakan lomba gerak jalan sejauh 8 kilometer ini diikuti 121 peserta dari instansi pemerintah, TNI, Polri, sekolah, organisasi masyarakat, serta RT dan RW.

“ Hari ini kami melepas peserta lomba gerak jalan putri sejauh 8 kilometer dalam rangka merayakan hari kemerdekaan. Saya apresiasi antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi,” kata Pj. Walikota Andri Rizal kepada wartawan usai melepas peserta.

Ia menyebut gerak jalan ini telah menjadi tradisi yang dimulai sejak tahun 1970-an. Selama hampir 50 tahun, tradisi ini terus memupuk semangat masyarakat Tanjungpinang dalam memperingati kemerdekaan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Ruli Friady mengatakan lomba gerak jalan ini terbagi dalam empat kategori yakni TNI-Polri, Satpol PP dan Damkar, OPD serta instansi vertikal, umum dari organisasi masyarakat, mahasiswa, RT dan RW, serta pelajar.

“ Penilaian terhadap peserta dilakukan berdasarkan ketepatan waktu, keserasian, kerapian, semangat dan kekompakan, dengan juri ditempatkan di setiap satu kilometer sepanjang rute,” katanya.

Untuk kategori umum, peserta harus berjalan dengan kecepatan lima kilometer per jam, dengan waktu ideal sekitar 1 jam 36 menit hingga garis finish. Sementara itu, peserta dari kategori TNI-Polri harus mencapai kecepatan enam kilometer per jam.

Ruli mengatakan pihaknya menyiapkan tujuh pos juri dan juri keliling yang memantau sepanjang rute. Tim penilai didukung Purna Paskibraka Tanjungpinang.

Setelah acara selesai, pemenang lomba akan diumumkan dalam waktu tiga hari. Hadiah yang disiapkan berupa piala, piagam, dan uang pembinaan dengan total mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk setiap kategori, juara pertama akan menerima Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta, dan juara ketiga Rp1 juta. Selain itu, kami juga menyediakan hadiah tambahan untuk juara favorit berupa uang pembinaan,” jelas Ruli.

Lomba ini terbagi dalam dua kategori yakni 8 Km untuk putri yang dimulai hari ini, dan 17 Km untuk putra yang akan dilepas Minggu (25/8) besok.

Meskipun cuaca hujan, semangat peserta tidak surut. Mereka tetap berjuang menyelesaikan gerak jalan hingga mencapai garis finish di lapangan Pamedan Ahmad Yani. (Angga)


Editor : Ismanto

Posting Komentar