-->

Ads (728x90)

Kapolda Kepri Pastikan Pelaksanaan Pilkada 2024 Aman, Kondusif dan Berjalan Lancar
Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah (Foto : Ist/Peristiwanusantara.com)

By Carles
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah memastikan keamanan dan ketertiban tetap menjadi prioritas, dengan pengawasan ketat di media sosial dan kesiapan personel untuk menjaga kelancaran Pilkada 2024.

Ia mengatakan tahapan penting dalam demokrasi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah dimulai dengan pendaftaran calon kepala daerah di Kantor KPU.

Antusiasme masyarakat tinggi, dengan dukungan yang melimpah untuk calon yang diusung. Meski persaingan politik memanas, suasana tetap kondusif, menunjukkan kedewasaan masyarakat dalam menjalankan demokrasi.

“ Polda Kepri bersama jajaran Polres/ta akan terus memantau aktivitas masyarakat di berbagai platform media social,” kata Irjen Yan Fitri dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Ia menyebut bahwa langkah tersebut bertujuan untuk menyaring berita hoaks dan mencegah penyebaran kebencian yang dapat menimbulkan masalah atau polemik selama Pilkada 2024, serta mengancam keamanan dan menciptakan keresahan di tengah masyarakat.

“Kami akan terus mengawasi perkembangan di media sosial yang berpotensi menimbulkan kebencian. Tim patroli siber kami siap memantau dan memberikan panduan tentang cara berkomunikasi yang aman dan bijaksana,” kata Irjen Yan Fitri,.

Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 di Provinsi Kepulauan Riau akan digelar di 3.325 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sebanyak 11.853 personel gabungan dari Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya telah disiagakan untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada.

Kapolda Kepri menyampaikan, lebih dari 6.000 personel siap ditempatkan di TPS untuk memastikan keamanan.

Pengamanan ini juga didukung oleh 678 personel TNI serta berbagai pihak terkait lainnya, termasuk petugas pemadam kebakaran dan satuan pengamanan tambahan yang siap siaga dalam situasi darurat.

“Seluruh personel disebar di 3.325 TPS yang tersebar di seluruh Provinsi Kepulauan Riau. Setiap TPS diperkirakan akan dijaga oleh 3 hingga 4 personel untuk menjamin kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara,” ucap Yan Fitri.

Kapolda Kepri mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga suasana yang damai dan kondusif selama proses Pilkada.

“Hindarilah penyebaran informasi yang tidak terverifikasi dan berita hoaks yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat,” pintanya. (man)


Editor : Ismanto

Posting Komentar