-->

Ads (728x90)

Gedung Dekranasda Kepri Diresmikan Gubernur Ansar, Simbol Kebangkitan Pelaku Ekonomi Kreatif
Gubernur Ansar meneken plang prasasti Gedung Dekranasda Kepri yang diresmikannya, Sabtu (3/8/2024) (dok Diskominfo Kepri)

By Angga Prasetio
TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com
- Salah satu gedung termegah dengan desain unik di dalam ekosistem Kawasan Gurindam 12, yaitu Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepulauan Riau diresmikan oleh Gubernur Ansar Ahmad didampingi Ketua Dekranasda Dewi Kumalasari, Sabtu (3/8).

Gedung yang akan menjadi salah satu ikon ekosistem Kawasan Gurindam 12 ini diresmikan setelah proses pembangunan selama 3 tahap sejak tahun 2022. Anggaran yang digunakan dalam pembangunan gedung ini sejumlah total Rp39,6 miliar.

Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap dalam mengakomodir kebutuhan pengembangan ekonomi kreatif berupa produk kriya wastra dan fashion berbasis Khasanah Melayu Negeri Segantang Lada. Di antaranya Papan Informasi Digital, Booth 7 Kabupaten Kota dengan produk-produk yang telah dikurasi, hingga area workshop.

Peresmian Gedung ini dijadikan sebagai simbol kebangkitan para pelaku ekonomi kreatif di bawah bimbingan Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau, yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kegiatan ekonomi, yang digadang-gadang Gubernur Ansar masuk ke dalam episentrum pusat pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanjungpinang.

"Berbicara pariwisata, kita tak hanya mendorong percepatan kunjungan di resort-resort, namun juga mendorong produk kriya, wastra dan fashion sebagai destinasi wisata. Dengan gedung ini menjadi wadah hasil kerajinan dan kreasi UMKM, dapat dikatakan ini kebangkitan para pelaku ekonomi kreatif pasca turbulensi ekonomi sejak Covid-19," kata Gubernur Ansar dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (3/8/2024).

Dengan biaya yang tidak sedikit dalam pembangunannya, maka Gubernur Ansar berharap pengelolaannya bisa dilakukan dengan baik dan profesional.

"Tidak hanya pengelolaan gedung tapi juga dalam pembinaan pelaku UMKM khususnya ekonomi kreatif agar kualitas produknya terus meningkat, desainer desainer digandeng untuk melahirkan produk-produk kelas nasional dan internasional, dan dapat dijadikan sebagai pengenal Kepri ke tingkat nasional maupun mancanegara" pesan Gubernur Ansar.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kepri, Dewi Kumalasari Ansar melaporkan bahwa pada saat ini Dekranasda Provinsi Kepri telah menghadirkan berbagai capaian dalam berkontribusi terhadap pembangunan di Kepri melalui fasilitasi kerjasama berbagai pihak dan memberikan sumbangsih besar terhadap kemajuan ekonomi kreatif.

"Hal ini melalui berbagai kegiatan Dekranasda mulai dari skala lokal sampai skala internasional. Selain itu, beberapa produk binaan Dekranasda sudah mendunia dan hal tersebut sejalan dengan harapan bersama untuk internasionalisasi berbagai produk kriya wastra dan fashion berbasis Khasanah Melayu Negeri Segantang Lada" paparnya.

Ia menambahkan, Peresmian Gedung Dekranasda ini juga sejalan dengan penyelenggaraan Dekrafest yang menjadi agenda tahunan dan tahun ini merupakan Dekrafest tahun ke-3.

"Selain itu, momentum ini juga disejalankan dengan Bazar dan Rakerda Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau yang dihadiri oleh seluruh pimpinan dan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau" pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Kepri periode 2010 - 2016 Aisyah Sani, Anggota DPRD Kepri Bobby Jayanto, Forkopimda Kepri, Pj. Walikota Tanjungpinang Andri Rizal, para Ketua Organisasi Wanita, Tim Percepatan Pembangunan, para Kepala OPD Pemprov Kepri, serta para Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten Kota se-Kepri. ( Angga)


Editor : Ismanto


Posting Komentar