-->

Ads (728x90)

Gebyar Muharram Baznas Kepri Pecah, Masyarakat Antusias Padati Aula Wan Seri Beni
Suasana masyarakat saat mengikuti acara Gebyar Muharram 1446 Hijriah yang digelar Baznas Provinsi Kepri, Kamis (01/08/2024) sore ( Angga Prasetio / Peristiwanusantara.com)

By Angga Prasetio

TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com - Ratusan orang memadati Aula Gedung Wan Seri Beni Dompak untuk mengikuti rangkaian acara Gebyar Muharram 1446 Hijriah yang digelar Baznas Provinsi Kepri, Kamis (01/08/2024) sore.

Ratusan orang yang diketahui terdiri dari anak yatim, mubaligh, kaum duafa serta penyandang disabilitas itu tampak begitu antusias mengikuti rangkaian acara, terlebih saat mendengarkan tausiah dari Ustadz Anugrah Cahyadi atau Ustadz Ucay.

Kepala Baznas Provinsi Kepri Arusman Yusuf mengatakan bahwa selain tausiah, Baznas Kepri pada kegiatan yang bertemakan "Dengan Semangat Tahun Baru, Kita Tingkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Sosial antar Sesama, untuk Menuju Indonesia Emas" itu juga menyalurkan santunan dan bantuan sembako kepada 960 orang penerima.

"Santunan dan bantuan ini berasal dari Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Baznas Kepri, dengan rincian santunan uang tunai untuk anak yatim piatu 150 orang, bantuan sembako untuk mubaligh 200 orang, bantuan sembako untuk disabilitas 100 orang, serta bantuan sembako untuk kaum duafa 510 orang," kata Arusman Yusuf.

Sementara itu Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengajak untuk menjadikan bulan Muharram sebagai ajang evaluasi, berhijrah ke keadaan yang lebih baik, salah satunya dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama. 

"Untuk itu kita apresiasi kepada baznas yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. mudah-mudahan baznas ke depannya dapat menghasilkan karya-karya terbaiknya lagi" harapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun lalu Baznas Kepri berhasil mengumpulkan ZIS sebanyak Rp 4 miliar. Sementara di tahun 2024 ini dirinya menargetkan dapat mengumpulkan Rp 13 miliar.

"Dari jumlah tersebut, hingga semester I tahun ini sudah terkumpul lebih dari Rp7 miliar. Kita akan terus memberikan dukungan. Setiap OPD di lingkungan Pemprov Kepri sudah kita wajibkan pegawainya menyisipkan penghasilannya membayar zakat" ucapnya.

Tak hanya itu, Ansar juga mengatakan telah menyurati instansi vertikal di Kepri untuk ikut serta. Menurutnya ini potensi umat muslim yang sangat besar.

"Jika kita sukses dalam pengumpulan, penyaluran, dan evaluasinya, insya Allah akan memberikan nilai tambah yang besar bagi kesejahteraan umat" kata Ansar.

Ditempat terpisah, Marhalim (37) salah seorang juru parkir di Morning Bakery Suka Berenang mengaku senang karena pemerintah dalam hal ini Baznas Kepri  melalui kegiatan Gebyar Muharram 1446 H masih memperhatikan orang-orang seperti dirinya.

"Kami terutama juru parkir sangat terbantu dengan adanya bantuan sembako seperti ini. Kami berharap bantuan ini tidak hanya sekali ini saja tapi sering. Minimal 1 tahun 2 kali lah," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Joko (55) seorang juru parkir yang kebetulan bertugas di lokasi yang sama dengan Marhalim, dimana Joko hanya meminta pemerintah memperhatikan rakyat kecil seperti mereka.

"Mudah-mudahan Baznas Kepri bisa selalu membagi bagikan rezeki kepada masyarakat bawah seperti kami ini," harapnya. ( Angga)

Editor : Ismanto

Posting Komentar