-->

Ads (728x90)

Bupati Asahan Sambut Kunjungan Tim Penilai Uji Petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Tahun 2024
Bupati Surya (4 dari kiri) bersama Tim Penilai Uji Petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Tahun 2024 di ruang kerja Bupati Asahan, Rabu (27/8/2024) (Janes /Peristiwanusantara.com)

By Janes

ASAHAN, Peristiwanusantara.com
–  Bupati Asahan H. Surya BSc menerima Tim Uji Petik Penilaian Kinerja terhadap penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Tahun 2024, pada Rabu (27/8/2024) di ruang kerja Bupati Asahan.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Asahan, H. Darwin Idris Nasution SH.MAP, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Tim uji petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Adi Wibowo dari Kemenko Maritim Investasi, Herman N Suparman Direktur Eksekutif KPPOD, JS Meyer Siburian BKPM, Mutia BKPM serta Tim Konsultan.

Tujuan kedatangan Tim Uji Petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Tahun 2024 ini, untuk melakukan penilaian terhadap kinerja DPMPTSP Kabupaten Asahan, yang masuk 8 besar terbaik dari 416 Kabupaten se-Indonesia sebagai Penyelenggara PTSP dan PPB Tahun 2024  berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dari Kementerian Investasi/BKPM.

“ Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim uji petik penilaian kinerja terhadap penyelenggaraan PTSP dan PPB di Kabupaten Asahan dengan semboyan Rambate Rata Raya yang bermakna kerja keras bersama untuk menuju masyarakat adil dan Makmur,” kata Bupati Surya mengawali sambutannya. 



Setelah berbincang dengan Bupati Asahan di ruang kerjanya, kemudian Tim Penilai Uji Petik Penilaian Kinerja PTSP dan PPB mengunjungi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Asahan.

Disela-sela peninjauan itu, Adi Wibowo mewakili Tim Penilai Uji Petik dari Kemenko Maritim Investasi kepada wartawan mengatakan kunjungan ini untuk melakukan penilaian kinerja PTSP dan PPB di Kabupaten Asahan.

“ Peninjauan ini dilakukan berdasarkan aturan dari Kementerian Investasi dan BKPM no 2 tahun 2022 tentang penilaian kinerja PTSP dan PPB Pemerintah Daerah serta kinerja PPB Kementrian Negara dan lembaga teknis penilaian dan juga berdasarkan keputusan Mentri Investasi PKPM no 134 tahun 2023 tentang petunjuk teknis penilaian kinerja PTSP dan kinerja PPB Pemerintah Daerah,” katanya.

Ia menyebut bahwa penilaian ini tidak hanya dilakukan Kementrian Investasi tetapi juga dilakukan bersama sama dengan Kementrian dan lembaga lainnya seperti HIPMI, KPPOD, Kemendagri sehingga mereka sebagai tim kolektif melakukan penilaian yang selanjutnya nanti hasil penilaian disampaikan ke Kementrian Keuangan.

Dikatakannya, kunjungan ini merupakan rangkaian terakhir terkait penilaian PTSP dan PPB yang sebelumnya sudah dilakukan penilaian mandiri dan penilaian paparan yang disampaikan di Jakarta.

“ Untuk itu, hari ini kami melihat kesesuaian antara yang sudah disampaikan pada saat paparan dan situasi dan kondisi di lapangan serta melakukan verifikasi dan kualifikasi dengan pihak pihak yang terkait diperijinan,” katanya.

Dijelaskannya, ada beberapa tahapan yang sudah dilakukan pada hari ini diantaranya bertemu dengan kepala daerah Bupati Asahan, wawancara dengan SDM dari daerah PTSP, Pelaku Usaha, HIPMI, serta mengunjungi fasilitas sarana dan prasarana yang ada sesuai tidak dengan yang sudah dipaparkan.

“ Sampai saat ini kami melihat pada prinsipnya Kabupaten Asahan melalui PTSP Kabupaten Asahan kinerjanya cukup baik karena memang PTSP di Kabupaten Asahan ini masuk dalam nomine PTSP terbaik di seluruh Indonesia,” katanya.

Dari delapan terbaik tingkat Kabupaten, katanya, pihaknya mencari lagi yang terbaik mudah mudahan hasil dari sini bisa memberikan penilaian yang objektif kepada PTSP Kabupaten Asahan dengan hasil baik dan nanti dapat menjadi pemenang.

Di tempat yang sama, H.Darwin Idris Nasution SH.MAP selaku Kepala DPMPTSP Kabupaten Asahan mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan uji petik yang dilaksanakan hari ini.

Ia menyebut bahwa kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan penilaian kinerja PTSP dan PPB tahun 2024. (Jan)



Editor : Ismanto

Posting Komentar