-->

Ads (728x90)

BKD Asahan Gelar Bimtek Simpegnas, Ini Pesan Bupati Surya
Pj Sekdakab Asahan Drs. Zainal Arifin Sinaga, MH menyampaikan sambutannya saat membuka Bimtek di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (27/08/2024) (Janes/Peristiwanusantara.com).

By Janes

ASAHAN, Peristiwanusantara.com
– Untuk memenuhi salah satu program strategis Pemerintah Kabupaten Asahan, yaitu terlaksananya Digitalisasi birokrasi dan melaksanakan misi pertama Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu menyelenggarakan tata kelola Pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel, maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan perlu menindaklanjuti dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang Kepegawaian.

Demikian disampaikan Bupati Asahan melalui Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan Drs. Zainal Arifin Sinaga, MH saat membuka Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (Simpegnas) yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (27/08/2024).

Pembukaan Bimtek ini juga dihadiri Asisten Administrasi Umum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Asahan, Staff Ahli, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan, Kepala Kantor Kangen VI Badan Kepegawaian Negara Medan beserta jajarannya serta para undangan dan hadirin lainnya.

Selanjutnya, Pj Sekda Asahan mengatakan Simpegnas hadir bentuk transformasi digital dalam menjembatani beragamnya sistem informasi Kepegawaian yang dikelola oleh masing - masing instansi.

“ Selain itu, Simpegnas juga merupakan upaya percepatan peningkatan kualitas data ASN yang diharapkan dapat mewujudkan data ASN yang akurat, terkini, terpadu dan berkualitas baik dalam rangka menciptakan satu data ASN sebagai amanat peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia,” katanya.  

Dalam laporannya, Ketua Panitia yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan Buwono Prawana mengatakan Bimtek ini digelar selama dua hari dari tanggal 27 sampai dengan 28 Agustus 2024 dan diikuti 120 orang pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Ke 120 orang peserta Bimtek ini, terdiri dari 60 orang Sekretaris dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian OPD, 50 orang Sekretaris dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kecamatan serta 10 orang Pejabat Fungsional yang disetarakan pada bagian Setdakab Asahan.

Ia menyebut dasar dari penyelenggaraan Bimtek Simpegnas ini adalah Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2023 tentang Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara.

“ Tujuan dilaksanakannya Bimtek Simpegnas ini untuk dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan fungsi - fungsi yang ada dalam Simpegnas. Yang bertujuan untuk menciptakan efisiensi, efektifitas dan meningkatkan kualitas pelayanan,” katanya.

Di tempat yang sama Kepala kantor regional VI Dr. Janry H.U.P. Simangkalit, S.Si., M.Si. menyampaikan aplikasi simpegnas merupakan aplikasi umum berbagai pakai nasional bidang kepegawaian yang diluncurkan oleh Badan Kepegawaian Nasional.

Aplikasi Simpegnas berbasis website yang terintegrasi dengan layanan pada SIASN dalam hal manajemen Aparatur Sipil Negara, seperti layanan perencanaan kepegawaian, pengadaan ASN, kenaikan pangkat, pemberhentian, peremajaan data, pindah instansi, status dan kedudukan, dasboard dan monitoring dan layanan referensi. (Jan)


Editor : Ismanto

Posting Komentar