-->

Ads (728x90)

Amankan Pilkada Serentak 2024, Polresta Barelang Siapkan 1.077 Personel
Simulasi Sispamkota yang digelar Polresta Barelang, Polda Kepri dan Satbrimob Polda Kepri di Temenggung Abdul Jamal, Kamis (22/8/24) (dok Polresta Barelang)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com
- Polresta Barelang bersama Polda Kepri dan Satbrimob Polda Kepri menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), pada Kamis (22/8/24) siang di Temenggung Abdul Jamal.

Kegiatan simulasi tersebut, Polresta Barelang menurunkan sebanyak 1.077 personel, untuk uji kesiapan dan ketangkasan personel dan peralatan Polri dalam menjaga keamanan selama tahapan Pilkada 2024 mendatang.

Simulasi pengamanan Pilkada dimulai dari distribusi logistik pemilu, kampanye pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Walikota, masa tenang, pemungutan suara, hingga penetapan hasil.

Skenario yang dilatih adalah antisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang mungkin terjadi diberbagai tahapan Pilkada.

Dalam simulasi tersebut, digambarkan situasi kerusuhan di mana massa menuntut penghitungan ulang suara karena dugaan kecurangan, hingga memicu bentrokan dengan petugas kepolisian.

Latihan ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional, tetapi juga untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara berbagai satuan tugas di lapangan.

Kepada awak media, Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah mengatakan seluruh personel Polda Kepri, termasuk para perwira, terlibat aktif dalam pengamanan Pilkada ini. Maka dari itu, Yan Fitri berharap pengamanan Pilkada di Kota Batam bisa berjalan dengan aman dan kondusif

"Jadi, tidak ada satupun anggota yang tidak berpartisipasi dalam pengamanan Pilkada serentak 2024. Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menjaga ketertiban selama proses pemilu berlangsung, khususnya pada saat pemungutan suara, guna memastikan jalannya Pilkada dengan lancar dan aman,” kata Yan Fitri.

Kapolda Kepri itu juga menegaskan, bahwa pentingnya peran masyarakat, terutama di Kota Batam yang merupakan wilayah strategis bagi investasi.

“ Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita,” tegas Yan Fitri.

Pria nomor satu di kepolisian Kepri ini berharap seluruh personel Polri dapat memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, serta soliditas yang kuat dalam menjamin keamanan dan kelancaran Pilkada 2024 di wilayah Kepulauan Riau. (De) 


Editor : Ismanto

Posting Komentar