-->

Ads (728x90)

Acara Malam Puncak Dekrafest Kepri 2024, Gubernur Ansar Bersama Sekjen Dekranas Serahkan Bantuan kepada Pengrajin
Sekjen Dekranas Reni Yanita (tengah) didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar menyerahkan bantuan kepada pengrajin, Sabtu (3/8) (dok Diskominfo Kepri)

By Angga Prasetio

TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com
– Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad bersama Sekjen Dekranas Reni Yanita didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar menyerahkan bantuan dan apresiasi kepada para pengrajin dan sanggar dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri.

Bantuan itu diserahkan pada acara Malam Puncak Dekrafest Kepri 2024 bersamaan peresmian Gedung Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang, Sabtu (3/8).

Gubernur Ansar Ahmad mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan bentuk penghargaan dan dukungan nyata dari pemerintah terhadap dedikasi dan kontribusi para pengrajin serta pelaku seni di Kepri.

Salah satu highlight pada Malam Puncak Dekrafest Kepri 2024 ini adalag pemilihan Duta Wastra Kepri 2023.

Pemilihan ini didasarkan pada beberapa penilaian, seperti pemahaman terhadap roda UMKM, khususnya wastra dari kabupaten kota masing-masing, serta performance dalam penyampaian materi dan penampilan serta kepribadian. Duta Wastra Kepri terpilih akan membantu keberadaan Dekranasda Creative Space Kepulauan Riau.

“Pemilihan Duta Wastra Kepri 2023 adalah salah satu cara kami untuk mengapresiasi dan mendorong para talenta muda dalam memahami dan mempromosikan wastra lokal. Mereka akan berperan penting dalam mendukung program-program Dekranasda,” kata Ketua Dekranasda Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar dalam sambutannya.

Dzaki Afif Ronaldi dari Kabupaten Bintan pun berhasil terpilih sebagai Duta Wastra Kepri 2024. Sementara Zahra Tusita dari Kabupaten Natuna berhasil meraih juara dua, dan Angela Halsi dari Kota Batam meraih juara tiga.

Acara Dekrafest Kepri 2024 ini, juga merupakan ajang untuk mengevaluasi pengembangan kriya dan fesyen di Kepulauan Riau.

Lebuh lanjut Dewi Kumalasari Ansar mengatakan pihaknya menggelar Dekrafest ini untuk mengukur keberhasilan program pengembangan kriya dan fesyen serta mengevaluasi program-program kegiatan kolaborasi dan kemitraan yang telah dilaksanakan.

“ Kami berharap dapat menyempurnakan program ke depan yang lebih konkret, inovatif, adaptif, dan mensejahterakan pelaku dan penggiat kriya,” kata Dewi.

Dewi Kumalasari Ansar juga berharap agar dengan terbangunnya Gedung Dekranasda ini, semua aktivitas yang berada di dalamnya dapat dilakukan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk organisasi dan masyarakat luas.

Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Dekrafest, dihadiri oleh berbagai praktisi pengrajin, penggiat kriya, dan pelaku fashion yang dibina oleh Dekranasda Provinsi Kepri.

Dewi Kumalasari Ansar mengatakan acara ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat kepada para pengrajin dan pelaku industri kreatif di Kepri untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Kami ingin para pengrajin dan pelaku industri kreatif merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkontribusi dalam pengembangan industri kreatif di Kepri,” kata Dewi Kumalasari Ansar.

Acara ini diakhiri dengan penampilan live band yang memeriahkan suasana, menutup rangkaian kegiatan Malam Puncak Dekrafest Kepri 2024 dengan penuh semangat dan harapan untuk masa depan yang lebih baik bagi industri kreatif di Kepulauan Riau. (Angga)


Editor : Ismanto

Posting Komentar