-->

Ads (728x90)

Tonase Sampah Membludak, Seluruh TPS Dipindahkan ke Arah Galangan Kapal di Sagulung, Batam
Camat Sagulung, Muhammad Hafiz Rozie menunjukkan lokasi TPS baru di dekat perusahaan  galangan kapal PT Marcopolo di Sagulung. (Ist/Peristiwanusantara.com)


By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com – Karena sudah tidak mampu menampung tonase sampah, lokasi tempat penampungan sampah sementara (TPS) yang di leter S Dapur 12 sudah dipindahkan di dekat kawasan PT Marcopolo, perusahaan galangan kapal, Kecamatan Sagulung.

“Hari ini TPS dipindahkan dan sudah digunakan. Jadi yang di leter S tidak ada lagi sampah di sana. Semua kita pindahkan ke lokasi yang baru, tepatnya ke arah kawasan galangan kapal,” kata Camat Sagulung  Muhammad Hafiz Rozie, Sabtu (20/7/2024) siang.

Ia juga menjelaskan, lokasi TPS baru jauh dari tempat pemukiman, dan mampu menampung seluruh sampah sebelum diangkut ke tempat penampungan akhir (TPA) di Telaga Punggur, Nongsa.

Tak hanya itu, rencananya TPS Sei Lekop besok juga dipindahkan ke arah kawasan PT Marcopolo. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

" Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Jadi seluruh TPS akan dipindahkan ke arah tempat baru itu," katanya.

Untuk mencegah agar tidak dibuang lagi sampah di sana, pihak Kecamatan Sagulung juga sudah memasang spanduk imbauan di tempat lama di leter S tersebut. Begitu juga dengan TPS Sei Lekop sudah dipasang spanduk imbauan.

"Semua sudah kita pasang spanduk imbauan agar masyarakat tidak membuang sampah di lokasi yang lama. Silakan buang pada tempat baru,” ajak dia.

Untuk antisipasi pembuangan sampah sembarangan, Hafiz juga menyebutkan, ke depannya akan ada sanksi apabila masyarakat membuang sampah sembarangan bukan pada tempatnya.

“ Untuk sanksinya dari DLH Kota Batam dan Satpol PP Kota Batam,” ujarnya.

Sementara itu Dedi warga Kavling Kamboja Dapur 12 mengaku bersyukur TPS leter S sudah dipindahkan pihak Kecamatan Sagulung. Hingga kini aroma bau sampah pun tak ada lagi jika melintas dari jalan Kavling Baru tersebut.

"Syukurlah, kalau TPS yang di Jalan leter S dipindahkan. Soalnya tak enak dipandang mata, apalagi lokasinya sudah padat dan menimbulkan bau tak sedap," ujar Yanto, warga setempat. (De)


Editor : Ismanto


Posting Komentar