-->

Ads (728x90)

Sudah Rampung Dikerjakan, Gedung Bapas Batam Akan Dioperasikan Bulan Agustus Mendatang
Gedung Bapas Batam yang sudah selesai dikerjakan dan tinggal dioperasikan pada bulan Agustus mendatang, Selasa (2/7/2024) (Ist/Dedi)


By Dedi Manurung 

BATAM, Peristiwanusantara.com -  Gedung Balai Pemasyarakatan (Bapas) Batam yang dibangun oleh Kementerian Hukum dan HAM RI sudah rampung.

Gedung yang berada di tengah-tengah antara Lapas Batam dan Rutan Batam itu akan segera difungsikan pasa bulan Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Dannie Firmansyah saat meninjau gedung baru tersebut belum lama ini.

"Iya, pembangunan gedung sudah rampung semua. Tinggal melengkapi meja kursi dan partisi bagian dalam gedung," ujar Dannie.

Disampaikan Dannie, bahwa gedung Bapas baru ini adalah adalah gedung Bapas kedua di Kepri. sesuai tugas dan fungsinya Bapas ini nantinya akan menjadi wadah bimbingan dan pengawasan kepada klien Pemasyarakatan.

Klien Pemasyarakatan yang dimaksud ialah, mereka yang berada di dalam bimbingan Bapas seperti terpidana bersyarat, narapidana, atau Anak yang Berhadapan dengan Hukum yang telah mendapatkan PB/CB/CMB dan Anak yang dikembalikan kepada bimbingan orang tua atau wali sesuai dengan putusan pengadilan.

" Selama inikan, baru satu Bapas di Tanjung Pinang. Padahal Batam ini paling banyak klien Pemasyarakatan. Oleh karena itu, alhamdulillah, Kemenkumham sudah menjawab kekurangan ini. Jikalau tidak ada kendala bulan Agustus nanti mulai dioperasikan," kata Dannie.

Sekedar diketahui, gedung Bapas Batam dari Kemenkumham ini dibangun oleh CV Mahameru pada 2022 lalu dan menelan anggaran sekitar Rp8,9 miliar. Pengerjaannya sempat terhambat karena faktor cuaca dan lain sebagainya, namun kini sudah rampung semuanya.

Sementara itu, Kalapas Batam Heri Kusrita menyambut baik rampungnya pembangunan gedung Bapas tersebut. Keberadaan Bapas ini memang dibutuhkan di Batam karena memang banyak sekali klien Pemasyarakatan di Kota Batam. Pasalnya, selama ini agak kesulitan sebab harus ke Tanjung pinang untuk mendapatkan layanan Bapas ini.

"Alhamdulillah pembangunan sudah selesai. Mudah-mudahan di bulan Agustus mendatang sudah dioperasikan. Kita mendukung kelancaran layanan Pemasyarakatan di Batam ini. Sebab tidak perlu lagi ke Tanjung Pinang karena sudah ada Bapas di Batam," kata Heri Kusrita, Selasa (2/7/2024). (De).

Editor : Ismanto



Posting Komentar