-->

Ads (728x90)

Lanal TBK Panen Raya 500 Kg Ikan Nila dan Puluhan Kg Sayur Pakcoy dan Selada
Lanal Karimun saat melakukan panen raya memanen sayur Pokcay  di lahan ketahanan pangan komplek rumah dinas TNI AL Bukit Senang, Kecamatan Karimun, Rabu (10/7/2024) (Jupri/Peristiwanusantara.com).


By Jupri
KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) melakukan panen raya dengan memanen 500 kg ikan nila dan puluhan kilogram sayur pakcoy dan selada yang dibudidayakan secara hidroponik.

Komandan Pangkalan (Danlanal) Tanjung Balai Karimun (TBK), Letkol Laut (P) Anro Casanova didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny Julie Anro Casanova ikut melakukan panen raya ikan nila dan sayuran hidroponik tersebut, Rabu (10/7/2024).

Panen raya ini juga diikuti oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun Sukrianto Jaya Putra, Camat Karimun Agung Jati Kusuma, Lurah Tanjung Balai Kota Erwari Syahwaluddin.

Budi daya sayuran hidroponik dan ternak ikan nila ini, dilaksanakan di lahan ketahanan pangan komplek rumah dinas TNI AL Bukit Senang, Kecamatan Karimun.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Anro Casanova mengatakan budi daya sayuran hidroponik dan ternak ikan nila ini merupakan program ketahanan pangan TNI AL, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan di pusatkan di Lampung, dipimpin oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Erwin S Aldedharma.

“ Budidaya sayur secara hidroponik dan ternak ikan nila ini, dilaksanakan untuk mendukung program ketahanan pangan merupakan amanah khusus dari KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali kesetiap Pangkalan Angkatan Laut (Lanal),"  kata Danlanal TBK kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Ia menyebut bahwa pihaknya diminta agar dapat memanfaatkan lahan atau area sekecil apa pun di wilayah kerja masing-masing untuk program ketahanan pangan.

Dikatakannya, Tim Potensi Maritim (Potmar) Lanal Karimun sudah bisa memberikan suplai sayuran jenis pakcoy dan selada ke Pasar Puan Maimun.

"Program ketahanan pangan Lanal Karimun bertujuan untuk menjaga atau menekan inflasi, terutama harga sayuran di Kabupaten Karimun," jelasnya.

Panen raya di lahan ketahanan pangan Lanal Karimun ini, katanya, sudah dilaksanakan tiga kali sejak tahun 2022.

Ia menyebut tahun 2022 lalu pihaknya menanam sorgum, tahun 2023 menanam jagung dan sayuran, kemudian tahun 2024 ini pihaknya memanen ikan nila serta sayuran. 

“ Untuk ke depannya kami akan mencoba ternak ikan lele dan gurame," katanya. (Pri)

Editor : Ismanto

Posting Komentar