-->

Ads (728x90)

Jelang HUT RI ke -79, Pedagang Bendera Mulai Bertebaran Dipinggir Jalan Kota Batam
Pedagang bendera di pinggir jalan di SP Plaza, Senin (29/7/24) (Dedi Manurung /Peristiwanusantara.com).

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com
– Pada akhir bulan Juli 2024 pedagang musiman, penjual bendera dan pernak pernik hari kemerdekaan Republik Indonesia mulai ramai di pinggir jalan Kota Batam.

Seperti di daerah Batuaji dan Sagulung, para pedagang musiman ini sengaja mulai berjualan pernak-pernik kemerdekaan jauh hari menjelang puncak hari kemerdekaan dengan harapan dapat mengais rezeki lebih banyak dibanding tahun lalu.

Adapun harga dari bendera tersebut, bervariasi tergantung jenis kain dan ukuran. Untuk ukuran 90×30 centimeter dijual dengan harga Rp 25 ribu – Rp 30 ribu per lembar.

Sedangkan, untuk ukuran 120×80 centimeter dijual dengan harga Rp 35 ribu sampai Rp 65 ribu. Untuk ukuran 150×80 centimeter dijual mulai dari Rp 55 ribu -Rp100 ribu. Untuk harga tiang bendera ukuran 3,5 meter dijual dengan harga Rp 25 Ribu.

Selanjutnya, untuk umbul-umbul 1 gulung kalau yang 9 meter sampai 10 meter harganya sekitar Rp 450 ribu. Bendera mobil, motor ada yang Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Alfandi, salah satu pedagang bendera di Sagulung mengatakan, sengaja lebih cepat menjual dagangannya dengan harapan dapat mengais rezeki lebih banyak dibanding tahun lalu.

Ia mengatakan bahwa sebagian bendera yang dijualnya dijahitnya sendiri, seperti bendera bentuk ketupat, bendera kecil dengan gagang kayu dan bendera gulung.

"Kita sengaja lebih cepat buka jual dagangan di sini pak. Saya sudah lama berjualan bendera di lapak ini. Bendera yang saya jual ini ada yang saya beli da nada yang saya jahit sendiri di rumah,” katanya sambil menunggu pembeli, Senin (29/7/24).

Hal senada disampaikan oleh Reval, salah seorang pedagang bendera di pinggir jalan kawasan SP Sagulung. Ia juga mengatakan, dengan berjualan bendera ini berharap bisa mengais rezeki lebih banyak dibanding tahun lalu, agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

"Untuk saat ini, sudah ada yang pesan bendera sih. Dan mudah-mudahan di hari HUT RI ke 79, lebih banyak lagi dan pesta rakyat lebih semarak lagi untuk para pejuang dahulu kita," katanya sambil tersenyum sembari mengatakan bahwa dirinya sudah lama berjualan bendera.

Para pedagang musiman pun berharap tahun 2024 ini bisa mendapatkan penghasilan lebih dibanding tahun 2023 lalu. (De)

 

Editor : Ismanto

Posting Komentar