-->

Ads (728x90)

Jadi Pembina Apel di UPTD SMP Negeri I Kisaran, Plh Sekdakab Asahan : Kita Harus Memberikan Dukungan pada Anak-Anak
Plh Sekdakab Asahan Drs. H. Zainal Aripin Sinaga M.H saat menjadi pembina apel upacara di UPTD SMP Negeri I Kisaran, Senin (15/07/2024) (Janes/Peristiwanusantara.com)


By Janes
ASAHAN, Peristiwanusantara.com
–  Setiap guru dan orang tua harus mampu memberikan dukungan pada anak-anak kita. Salah satu dukungan yang perlu diberikan pada mereka adalah memastikan bahwa apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zaman.

“ Oleh sebab itu kita perlu memberikan dorongan serta memacu mereka untuk menuntut ilmu dan jangan sampai putus di tengah jalan,” kata Plh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan Drs. H. Zainal Aripin Sinaga M.H saat menjadi pembina apel upacara sekaligus penyambutan siswa baru tahun pelajaran 2024/2025 mewakili Bupati Asahan di UPTD SMP Negeri I Kisaran, Senin (15/07/2024).

Selanjutnya Sekdakab Asahan mengatakan anak-anak generasi Gen Z atau yang dikenal dengan istilah Gen Z membutuhkan keterampilan utuh yang mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

Menurutnya karakter terdiri dari dua bagian diantaranya, karakter moral antara lain nilai pancasila, keimanan, ketaqwaan, kejujuran, Integritas, keadilan, Empati dan Sopan santun. Karakter kedua ialah kinerja, kerja keras, ulet, tangguh, gigi, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan.

Selanjutnya dasar memungkinkan anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan keseharian. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu memperhatikan literasi sains, teknologi, finansial dan literasi budaya.

Terakhir beliau mengatakan bahwa kompetensi dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 menuntut anak-anak untuk mampu menghadapi masalah masalah yang komplek dan tidak berstruktur maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, berfikir kritis, memecahkan masalah, komunikasi serta kemampuan kaloborasi.

Turut hadir pada apel pagi ini, Asisten  Perekonomian dan Pembangunan, PLT Kominfo Asahan, Kadis Porapar Asahan, Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Asahan serta Kepala sekolah SMP N I, Serta para guru dan staf SMP N 1 Kisaran.  (Jan)

Editor : Ismanto

Posting Komentar