-->

Ads (728x90)

37 WBP Lapas Batam Mengikuti Pelatihan Penguatan Kader Kesehatan
WBP Lapas Batam saat mengikuti Pelatihan Penguatan Kader Kesehatan di ruang Binadik Lapas Batam, Selasa (16/7/24) (Dedi /Peristiwanusantara.com)

By Dedi Manurung

BATAM, Peristiwanusantara.com
- Sebanyak 37 warga binaan Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Kelas IIA Batam mengikuti kegiatan pelatihan dan penguatan kader kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dilaksanakan di ruang Binadik Lapas Batam, Selasa (16/7/24).

Kegiatan ini didukung SR Ditjenpas GF NFMc yang bertujuan untuk membentuk Kader Kesehatan sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan untuk memberikan motivasi dan penyampaian informasi dalam menjaga serta meningkatkan status kesehatan Warga Binaan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan warga binaan di lingkungan Lapas Batam.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Binadik, Lapas Batam, Budy Istiawan beserta jajaran dan untuk materi pelatihan kader kesehatan disampaikan oleh Dokter Klinik Pratama Lapas dr. Martina Sri Rezeki Siahaan dan tenaga perawat lainnnya sesuai dengan modul pencegahan dan pengendalian penyakit menular bagi kader kesehatan di Rutan/Lapas/LPKA.

Pelatihan kader kesehatan dilaksanakan dengan orientasi upaya pengendalian penyakit menular HIV AIDS dan TBC di Lapas Batam. Selain itu, demi mengoptimalkan pelaksanaan upaya pencegahan juga telah disusun standar pengendalian penyakit menular HIV/AIDS dan TBC bagi warga binaan.

Agenda pelatihan peserta diberikan pre-test, pemberian materi informasi TBC beserta Video Singkat, IMS- HIV-AIDS serta video edukasi singkat, informasi tentang Scabies/Kudis beserta video singkat, pencegahan dan pengobatan serta Peran Kader kesehatan dan ditutup dengan post-tes.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam, Heri Kusrita berpesan agar para kader kesehatan dapat saling bekerja sama dan membantu rekan warga binaan yang sakit atau sedang mengalami masalah kesehatan di blok hunian agar segera mendapatkan penanganan medis awal secara cepat dan tepat.

"Saya berpesan agar para kader kesehatan dapat saling bekerja sama dan membantu rekan warga binaan yang sakit atau sedang mengalami masalah kesehatan di blok hunian agar segera mendapatkan penanganan medis awal secara cepat dan tepat," harapnya. (De).

Editor : Ismanto

Posting Komentar