-->

Ads (728x90)

Wacana Uang SPP Gratis, Orang Tua Berlomba-lomba Daftarkan Anaknya ke Sekolah Negeri
SMK Negeri 1 Kota Batam. (Dedi/Peristiwanusantara.com)


By Dedi Manurung
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Sejak dimulai proses penerimaan peserta didik baru tingkat SMA/SMK tahun ajaran 2024/2025, para orangtua yang ingin mendaftarkan anak-anaknya langsung mendatangi SMK N 1 Batam untuk mendaftarkan anak-anaknya, Selasa (11/6) pagi.

Diketahui, para calon peserta didik baru dan orang tuanya sangat mengharapkan agar bisa lolos pada seleksi PPDB SMA ataupun SMK Negeri ini. Apalagi karena wacana menggratiskan uang SPP kepada siswa sekolah negeri tingkat SMA/SMK dan sederajat di tahun 2024 ini.

"Ini anak terakhir saya. Makanya saya daftarkan anak saya ke sini. Ia juga pengen SMK Negeri makanya kami kesini.  Apalagi saya dengar-dengar pemerintah (daerah) katanya mau gratiskan SPP untuk SMA dan SMK. Itu bagus biar tak terlalu terbebani kami orangtua ini," kata Swidentri Manurung, warga Perumahan Taman Anugerah, Sagulung.

Hal yang sama disampaikan Rinto, Warga Batuaji. Ia mengatakan, sangat berat jika anaknya masuk sekolah swasta. Apalagi katanya, masih ada anak-anaknya yang belum sekolah.

Mereka melanjutkan pendidikan anak ke sekolah negeri karena alasan ekonomi. Hemat biaya pendidikan anak jadi alasan utama mereka untuk menyekolahkan anak ke sekolah negeri.

“Swasta sudah tak sanggup lagi. Mahal biaya pendidikan di sekolah swasta. Satu anak saya masih di SMP swasta. Satu lagi anak pertama lagi masih SD. Banyak pengeluaran jika masuk ke sekolah swasta ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana mengatakan, di hari pertama proses PPDB ini sangat membludak.

"Iya sangat membludak tadi. Tapi kita masih proses semuanya," ujarnya Deden saat dikonfirmasi via WhatsApp dengan singkat.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau, Andi Agung juga menyampaikan bahwa SPP gratis berlaku bagi siswa kelas satu sampai tiga, khusus di sekolah negeri. Ada tujuh kabupaten/kota di Kepri berlaku untuk tahun pelajaran baru.

"SPP gratis berlaku bagi siswa kelas satu sampai tiga, khusus di sekolah negeri. Ada tujuh kabupaten/kota di Kepri berlaku untuk tahun pelajaran baru," katanya.

Seperti diketahui pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) berencana menggratiskan biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) seluruh siswa SMA/SMK dan SLB negeri mulai tahun 2025. (De)

Editor : Ismanto


Posting Komentar