-->

Ads (728x90)

Wabup Asahan Tinjau Kegiatan Khitanan Massal dan Menyantuni Anak Yatim
Wabup Asahan saat meninjau kegiatan Khitanan Massal  di Lapangan Kantor Camat Simpang Empat, Selasa (25/06/2024) (Janes/Peristiwanusantara.com)

By Janes
ASAHAN, Peristiwanusantara.com
– Khitanan massal merupakan kegiatan mulia dan dapat menjalin tali silaturahim serta sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian kepada masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu.

Hal tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat, untuk mengukuhkan keislaman mereka serta memberikan pelajaran kepada anak-anak tentang pentingnya syari'at khitanan massal bagi kaum muslimin.

“ Khitanan masal merupakan manifestasi dari pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT,” kata  Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, M.Si usai menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu pada kegiatan Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim pada Selasa (25/06/2024) di Lapangan Kantor Camat Simpang Empat, 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Asahan ini juga dihadiri oleh Kabag Kesra Setdakab Asahan, Forkopimcam Simpang Empat, Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Kepala Desa se-Kecamatan Simpang Empat dan tamu undangan lainnya.

" Kita doakan, mudah-mudahan anak-anak kita yang baru dikhitankan hari ini benar-benar menjadi anak yang shaleh, taat pada Allah, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa,” kata Wakil Bupati menambahkan.

Wakil mengatakan bahwa khitan dapat dikatakan sebagai salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar islam. Sebab, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani.
“ Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya," ujarnya.

Selanjutnya Wakil mengatakan, melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya.

“ Bagi laki-laki, khitan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah,” katanya.

Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansari Margolang mengatakan Khitanan Massal ini diikuti sebanyak 65 orang anak dan anak yatim piatu yang mendapat santunan sebanyak 105 orang.
“ Kegiatan ini merupakan program kesehatan dan kemanusian yang dilakukan Baznas Kabupaten Asahan,” katanya.

Program ini, kata dia, dapat berjalan atas dukungan dan bantuan Pemerintah Kabupaten Asahan. Karena 80 %, Zakat, Infaq dan Sadaqah berasal dari ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

“ Program kesehatan dan kemanusian yang dilakukan Baznas Kabupaten Asahan salah satunya ialah Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim yang dilakukan hari ini,” kata Ansari.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Asahan dan akan terus berlanjut ke depannya.   (Jan)

Editor : Ismanto

Posting Komentar