-->

Ads (728x90)

Usai Sholat Ied, Bupati bersama Wabup Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban
Bupati Asahan H. Surya, BSc (kiri) bersama Wabup Asahan Taufik Zainal Abidin saat melaksanakan Sholat Ied  di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Senin (17/06/2024) (Janes/Peristiwanusantara.com)

By James

ASAHAN, Peristiwanusantara.com
– Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin beserta keluarga melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Senin (17/06/2024).

Turut hadir Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan dan mewakili Danlanal TBA.
Pada Sholat Ied ini bertindak sebagai Imam H. Edy Mulyadi, SHi, MA, sedangkan Khatib Ahmad Qasim Marpaung, S. Ag, M. Si.

Usai melaksanakan Sholat Ied, Bupati Surya didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya beserta keluarga meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran.

Wakil Bupati (Wabup) Asahan beserta keluarga, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli, OPD, dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan juga ikut meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tersebut.

Disela-sela peninjauannya itu, Bupati Asahan mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan setiap tahun melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa sapi dan kambing.

Hewan kurban tersebut berasal dari Bupati Asahan beserta keluarga, Wakil Bupati Asahan dan keluarga serta OPD Pemkab Asahan.

Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H, katanya, Pemkab Asahan menyembeli 90 ekor sapi dan 23 ekor kambing dengan total lebih kurang 7 ribu bungkus yang akan dibagikan kepada masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. 

Selain itu, katanya, BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran juga menyembelih 3 ekor sapi yang dagingnya juga akan dibagikan kepada masyarakat Kota Kisaran.

Ia menyebut bahwa Hari Raya Idul Adha, identik dengan penyembelihan hewan qurban, dimana pelaksanaan ini, mengingatkan seluruh umat Islam tentang ketaatan Nabi Ibrahim as kepada Allah SWT untuk menyembeli anaknya Nabi Ismail AS. Saat Nabi Ibrahim AS akan menyembeli Nabi Ismail AS, Allah SWT mengantikan Nabi Ismail AS dengan seekor domba. Selesai sudah ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk menguji ketaatan dan keikhlasan dari Nabi Ibrahim dan Ismail. 

“ Kisah inilah yang menjadi cikal bakal pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H,” katanya.

Hewan qurban yang disembelih hari ini, katanya, telah melalui pemeriksaan kesehatan sehari sebelumnya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. Dan hewan qurban tersebut dinyatakan sehat oleh Dinas terkait.

“ Jika ada hewan qurban yang tidak sehat, maka hewan qurban itu tidak diizinkan untuk disembelih,” katanya.

Bupati berharap semoga tahun yang akan datang jumlah hewan qurban yang disembelih dapat meningkat, sehingga lebih banyak masyarakat Kabupaten Asahan yang bisa menikmati daging qurban.

“ Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, semoga di Hari Raya Idul Adha ini kita dapat meningkat amal ibadah kepada Allah SWT,” harapnya. (Jan)


Editor : Ismanto

Posting Komentar