-->

Ads (728x90)

Sambut Lebaran Idul Adha 1445 H, Pemkab Karimun Akan Menggelar Festival Bedug
Pemukulan beduq saat Festival Bedug di Karimun tahun 2023 (Andre Zuhriansyah/Peristiwanusantara.com)

By Andre Zuhriansyah
KARIMUN, Peristiwanusantara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Karimun akan menggelar Festival Bedug. Festival tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

Kepala Bagian Kesra Karimun, Baginda Malim Siregar mengatakan Festival Bedug tersebut akan digelar di Panggung Putri Kemuning, Coastal Area Karimun pada tanggal 16 Juni 2024 mendatang.

Ia menyebut Festival tersebut akan dikuti oleh sejumlah pengurus Masjid, Surau, OPD, Instansi Vertikal dan Ormas Islam di Kabupaten Karimun.

“ Bagi warga yang ingin mengikuti festival tersebut, pendaftarannya akan dibuka dari tanggal 10-14 Juni 2024 mendatang, dan tempat pendaftarannya di kantor Kesra Karimun," kata Baginda kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/6/2024).

Ia menyebut persyaratan untuk mengikuti festival ini, jumlah pesertanya maksimal 10 orang (per gorup), usia peserta di atas 7 tahun, lomba pukul bedug penilaiannya hanya dilakukan satu kali.

“ Peserta memukul bedug dan melantunkan takbir, setiap peserta diberikan durasi atau waktu maksimal 10 menit, peserta tampil dengan 5 buah bedug yang telah ditentukan panitia. Setiap peserta  berbusana muslim dan sopan,” katanya.

Penilai pada Festival Bedug, kata Baginda, Dewan Jurinya ada 3 orang yang terdiri dari LPTQ, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Pariwisata Karimun.

"Kreteria penilaiannya ada beberapa macam seperti teknik dan kreatifitas pukulan bedug, vocal, penampilan dan penilaian waktu tampil," katanya.

Ia menyebut bagi peserta yang berhasil meraih juara akan diberi uang pembinaan. Juara I diberi hadiah uang sebesar Rp7 juta, Juara 2 sebesar Rp6 juta, Juara 3 sebesar Rp5 juta dan Juara 3 sebesar Rp4 juta. (Andre)


Editor : Ismanto

Posting Komentar