-->

Ads (728x90)

Puluhan Anggota Rapala Ikuti Penyuluhan Hukum yang Digelar Kesbangpol Kepri bersama Bakamla Karimun
Anggota Rapala saat mengikuti penyuluhan hukum di Kantor Lurah Meral, Jumat (14/6/2024) (Andre Zuhriansyah/Peristiwanusantara.com)

By Andre Zuhriansyah

KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bakamla Karimun dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri menggelar penyuluhan atau edukasi hukum kepada nelayan yang tergabung dalam Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) bertempat di Kantor Lurah Meral, Jumat (14/6/2024).

Rapala Karimun merupakan perkumpulan para nelayan yang dibentuk oleh Bakamla pada tahun 2021 silam, guna menjadi garda terdepan memberikan informasi ataupun pelanggaran ataupun tindak kejahatan di laut

Kepala Stasiun Bakamla Karimun, Mayor Bakamla Insan Aulia menyampaikan penyuluhan atau edukasi ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum pada masyarakat pesisir khususnya nelayan.

"Penyuluhan ini penting, yang mana kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan hukum para peserta. Terlebih lagi jika dilakukan secara berkesinambungan demi terwujudnya keamanan dan keselamatan di laut," ucapnya

Pada kegiatan ini, katanya, para anggota Rapala atau nelayan diminta dapat memberikan informasi terhadap segala bentuk ancaman atau pelanggaran maritim.

"Di Kepri ini sangat rentan terhadap segala bentuk pelanggaran maritim seperti legal fishing, pembajakan bahkan perdagangan manusia (TPPO). Untuk itu kegiatan ini kita harapkan dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi, baik dengan instansi terkait maupun dengan pihak nelayan sehingga keamanan laut tetap terjaga " ucapnya

Di tempat yang sama, Kepala Kesbangpol Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengatakan kegiatan ini juga dapat menjadi wadah atau tempat untuk para nelayan menyampaikan masukan dan keluhan yang dialami.

"Mereka nelayan yang tergabung dalam Rapala membutuhkan wadah atau tempat untuk menyampaikan masukan dan keluhan yang dirasakan, maka dari itu kegiatan edukasi atau penyuluhan ini perlu dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Dipenghujung kegiatan ini, Kesbangpol, Dinas Kelautan Kepri beserta Bakamla Karimun memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada Anggota Rapala. (Andre)


Editor : Ismanto

Posting Komentar