-->

Ads (728x90)

Penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1445 H Tingkat Kota Batam Dipusatkan di Tiga Lokasi
Rapat menyambut Lebaran Idul Adha 1445 H yang dipimpin Sekda Jefridin di ruang rapat Setda Lantai 2 Kantor Walikota, Rabu (12/06/2024) (Ist/Peristiwanusantara.com)

By Carles
BATAM, Peristiwanusantara.com
– Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam akan dipusatkan di tiga lokasi yakni Dataran Engku Putri Batam Centre, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

“ Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Senin (17/06/2024) dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai,” kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin, M.Pd saat memimpin rapat persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M pada Rabu (12/06/2024) di ruang rapat Setda Lantai 2 Kantor Walikota. 

Dalam memimpin rapat tersebut, Jefridin didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri dan dihadiri sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Dalam rapat tersebut juga dibahas penyelenggaraan Pawai Takbir, lomba mobil hias dan pelaksanaan Qurban.

Jefridin mengatakan Pawai Takbir akan digelar pada Minggu (16/06/2024) malam di Dataran Engku Hamidah dan pengunjung akan dihibur dengan musik lokal.

“ Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang mobil hias,” katanya. 

Jefridin menyebut seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Batam harus mengikuti pawai takbir Idul Adha dan lomba mobil hias. Selain itu, instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel juga akan mengikutinya.

Kegiatan pawai takbir dan lomba mobil hias ini, katanya, dalam rangka Syiar Islam dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Adapun kreteria untuk mengikuti lomba mobil hias adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam.
  2. Tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter.
  3. Peserta pawai antara 7 sampai 10 orang
  4. Menampilkan logo dan slogan.
  5. Dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan.
  6. Kontruksi hiasan atau dekorasi harus memperhatikan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas.

Untuk logo dan slogan, Jefridin meminta agar jangan sampai ada unsur sara. Harus bernuansa islami bertemakan qurban misalnya.

Adapun kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Selain pawai takbir, pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha.

"Saya atas nama Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengimbau masyarakat Kota Batam untuk hadir menyaksikan pawai takbir dan lomba mobil hias di Dataran Engku Hamidah,” ujarnya.
.
Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri menyampaikan akan menyurati dan mengimbau instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel untuk mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar mengingatkan agar yang melakukan pemotongan hewan qurban adalah orang-orang yang profesional dan berpengalaman. 

“ Juru sembelih halal (Juleha) Kota Batam sudah melatih penyembelih yang profesional dan bersertifikat,” katanya.

Sementara untuk jumlah hewan qurban menurutnya ada tren kenaikan dibandingkan Idul Adha tahun 2023. Begitu juga dengan jumlah titik salat Idul Adha menurutnya juga mengalami kenaikan.

"Tahun lalu jumlah hewan qurban sapi dan kambing se Kota Batam sebanyak 3.600 ekor. Saat ini kami tengah melakukan pendataan, kemungkinan jumlah ini bertambah. Begitu juga dengan titik salat Idul Adha, jika pada Salat Idul Fitri lalu dilaksanakan di 889 titik, bisa saja meningkat pada Idul Adha ini," katanya. (les)


Editor : Ismanto

Posting Komentar