-->

Ads (728x90)

Kapal KLM Sukses Perkasa Terbakar Saat Sandar di Pelantar Buru Karimun
Kapal KLM Sukses Perkasa milik PT Pelayaran Nasional Widi Jasa Exspress terbakar saat sedang sandar di Pelantar CV Bandar Karimun, Jumat (7/6/2024) (Andre Zuhriansyah /Peristiwanusantara.com)

By Andre Zuhriansyah

KARIMUN, Peristiwanusantara.com - Satu unit kapal kargo bernama KLM Sukses Perkasa milik PT Pelayaran Nasional Widi Jasa Exspress terbakar saat sedang sandar di Pelantar CV Bandar Karimun, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun pada Jumat (7/6/2024) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari informasi yang diterima, kapal kargo tersebut tidak memiliki muatan dan bagian kapal yang pertama terbakar adalah bagian belakangnya.

Salah seorang warga, Daeng Effendy mengatakan anak buah kapal (ABK) bersama warga berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Karena bahan kapal terbuat dari kayu ditambah kencangnya angin membuat api cepat membesar.

Agar api tidak merambat ke pemukiman warga, katanya, kapal tersebut terpaksa dibawa ke tengah laut dan ditenggelamkan.

"Kejadiannya sekitar pukul 2 siang tadi bang, kapal jenis kargo itu terbakar saat sandar di pelantar dan tidak ada muatannya. Beruntung ABKnya sedang pergi sholat Jumat sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas ini," katanya.

Terpisah,  Kapolsek Buru, Iptu Junaidi menjelaskan dari keterangan saksi, api pertama kali muncul dari bagian buritan atau belakang kapal kargo.

"Kapalnya dalam keadaan kosong atau tidak ada barang dan tidak ada juga ABK di dalamnya saat kejadian. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB," jelasnya.

Kapolsek Buru juga menyebutkan saat ini pihaknya masih menafsir kerugian materil, dan mengatakan tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat kejadian tersebut. (Andre)


Editor : Patar

Posting Komentar