-->

Ads (728x90)

Idul Adha 2024, Dispangtan Karimun Pastikan Hewan Kurban yang Disembelih Layak Konsumsi
Dokter hewan saat memeriksa daging kurban yang sudah disembelih (Post Mortem) di masjid karimun, Selasa (18/6/2024) (Andre Zuhriansyah/Peristiwanusantara.com)


By Andre Zuhriansyah
KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Karimun memastikan seluruh hewan kurban yang disembelih baik sapi maupun kambing pada Hari Raya Idul Adha 1445 H dipastikan layak untuk dikonsumsi.

Kepala Dispangtan Karimun Sukriyanto mengatakan pihaknya memastikan seluruh hewan kurban yang disembelih layak untuk dikonsumsi karena pihaknya telah melakukan proses identifikasi sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban.

Ia menyebut pemeriksaan hewan kurban dilakukan dengan dua kali yakni ante mortem dan post mortem. Pemeriksaan ante mortem dilakukan sebelum menyembelih dan post mortem pemeriksaan dilakukan sesudah hewan kurban disembelih.

"Sudah diperiksa oleh petugas dan alhamdulillah hewan kurban seperti sapi dan kambing dinyatakan sehat serta layak untuk dikonsumsi masyarakat," kata Sukriyanto ketika dikonfirmasi, Selasa (18/6/2024).

Untuk melakukan pemeriksaan, katanya, pihaknya menerjunkan ratusan petugas ke berbagai lokasi tempat penyembelihan hewan kurban.

Pada perayaan Idul Adha tahun 2024 ini Dispangtan Karimun mencatat sebanyak 427 ekor sapi dan 464 ekor kambing yang tersebar di Kabupaten Karimun.

“ Angka tersebut bisa saja bertambah, lantaran masih ada beberapa tempat yang belum melaksanakan penyembelihan," katanya. (Andre)

Editor : Ismanto

Posting Komentar