-->

Ads (728x90)

Di Karimun 30 Orang Terjangkit HIV Namun Kasus AIDS Belum Ditemukan
Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi (Andre Zuhriansyah/Peristiwanusantara.com)

By Andre Zuhriansyah
KARIMUN, Peristiwanusantara.com- Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam untuk tahun 2024 ini belum ditemukan kasus Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) atau kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

“ Sejak tahun 2023 lalu hingga saat ini, di Karimun kasus AIDS sudah nihil, kita berharap hal ini bisa bertahan ditahun-tahun yang akan datang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi saat dikonfirmasi, Jumat (28/6/2024).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan Karimun periode 2024, ada 30 orang di Kabupaten Karimun yang terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Kasus HIV yang terdeteksi tersebut berdasarkan hasil sampel pemeriksaan terhadap pasien atau masyarakat Karimun.

“ Walau demikian dari segi faktor resiko penularan, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Karimun mengalami tren penurunan setiap tahunnya,” katanya.

Dari 30 kasus HIV tersebut, katanya, penularan paling banyak atau didominasi oleh kelompok lelaki seks dengan lelaki (LSL) atau kaum gay dengan jumlah 9 kasus.

Lanjutnya, sedangkan pelanggan pekerja seks berjumlah 6 kasus, pasangan resiko tinggi 3 kasus, waria 2 kasus, TB 1 kasus dan 9 kasus lainnya.

"Benar, dari data kita memang paling banyak itu dari kelompok kaum gay atau perilaku penyimpangan seks," jelas Rachmadi. (Andre)

Editor : Ismanto
 



Posting Komentar