-->

Ads (728x90)

Tempat Pembuangan Sampah di Leter S Akan Dipindahkan ke Sei Binti Sagulung
Tumpukan sampah di Kaveling Baru, Sagulung, Senin (6/5/2024) (Dedi /Peristiwanusantara.com)

By Dedi
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Banyaknya tonase sampah tiap hari dari enam kelurahan di Kecamatan Sagulung membuat pihak Kecamatan Sagulung harus berpikir matang cara mengelola atau memindahkan tempat sampah di Sagulung.

Sebelumnya, tempat pembuangan sampah (TPS) di daerah Sei Pelunggut atau disebut Leter S. Dan rencananya akan dipindahkan ke lahan kosong arah ke pelabuhan Sagulung atau daerah Sei Binti.

Diketahui, tempat pembuangan sampah (TPS) tersebut dipindah karena dikeluhkan warga sekitar. Disebabkan menimbulkan aroma bau tak sedap setiap harinya.

Camat Sagulung M Hafiz Rozie sebelumnya mengaku, untuk saat ini armada sampah kecamatan masih bekerja maksimal untuk menyelesaikan persoalan sampah ini.

Ia juga menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihak Kecamatan akan membuka TPS resmi baru untuk menampung semua sampah dari TPS liar tersebut. TPS disana memiliki lahan kosong kurang lebih 2 hektar an. Akan tetapi masih lagi dibuat tempatnya.

“Mau bikin lagi TPS baru. Nanti ke arah Pelabuhan Sagulung tepatnya di Sei Binti. Masih bekerja maksimal petugas di lapangan, ” ujar M Hafiz, Senin (6/5/24).

Masih lanjut, TPS itu akan jauh dari jangkauan masyarakat supaya tak menimbulkan aroma bau ke lingkungan masyarakat setempat. "Tempatnya nanti akan kita pagar keliling dan jauh dari jangkauan masyarakat setempat," katanya.

Maka dari itu, Camat Sagulung meminta dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tertib dengan sampah. Sampah dibuang di bak penampungan depan rumah agar memudahkan petugas mengangkut sampah. Imbauan ini demi kenyamanan bersama, sebab masih banyak sampah yang menumpuk di TPS liar di pinggir jalan.

“Sudah lama disini (penumpukan sampah). Memang pernah diangkut tapi karena sudah jadi TPS liar, akhirnya terbiasa warga buang ke sini. Makin hari makin tambah banyak,” kata Wanter, warga Kavling Lama, Sagulung.

Selain itu, penumpukan sampah di TPS liar juga ditemukan di wilayah Tembesi. Penumpukan sampah di Sagulung umumnya terjadi jalan masuk pemukiman seperti jalan menuju Kaveling Baru, Sei Binti dan pelabuhan Sagulung. (de)

Editor : Ismanto
Foto : . (Ist)

Posting Komentar