-->

Ads (728x90)

Pengurusan SKCK di Polsek Sagulung Diserbu Pemuda/i Lulusan SMA Sederajat
Kapolsek Sagulung Iptu Donald Tambunan. (Dedi/Peristiwanusantara.com)


By Dedi Manurung


BATAM, Peristiwanusantara.com -
Volume pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolsek Sagulung meningkat drastis dari hari-hari sebelumnya. Hal itu terjadi dikarenakan minat para pencari pekerjaan semakin tinggi apalagi pendatang baru serta pemuda-pemudi yang baru lulus tingkat SMA sederajat.

Sebelumnya, dalam sehari untuk pengurusan SKCK tersebut yang masuk mencapai puluhan berkas. Namun untuk saat ini jumlah berkas yang masuk sudah mencapai ratusan berkas SKCK.

Pantauan di lokasi, tampak terlihat di dalam ruangan pembuatan SKCK sangat ramai. Terlihat juga para pengurus sibuk mempersiapkan berkas-berkas yang akan diminta pihak kepolisian. Para pengurus SKCK pun terlihat masih muda yang baru saja tamat dari bangku SMA sederajat.

Enjelina ketika ditemui saat mengurus SKCK di Mapolsek Sagulung mengatakan, sebenarnya dirinya baru tamat sekolah. Ia tak ingin lama-lama menganggur makanya langsung mengurus SKCK.

"Sebenarnya baru tamat sekolah sih. Tapi pengen cepat mau kerja. Saya juga tak ingin lama nganggur, makanya langsung urus SKCK ini," ujarnya wanita yang baru saja lulus SMA.

Hal yang sama disampaikan Janto, pria yang tinggal di Kavling Sei Lekop. Ia juga mengaku baru tamat SMK dan hendak langsung kerja di salah satu perusahaan di Muka Kuning, Batam.

"Kata orang susah mendapatkan pekerjaan di Batam sekarang. Tapi saya coba dulu untuk mengadu nasib mana tahu beruntung," harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan melalui Kanit Intelkam Polsek Sagulung, Aiptu Masri mengatakan meningkatnya pengurusan SKCK biasanya terjadi setelah penamatan jenjang SMA sederajat.

" Kalau sebelum ada penamatan SMA sederajat rata-rata yang mengurus SKCK sekitar 40 sampai 30 orang. Sekarang sangat ramai hampir mencapai seratus dalam sehari," ujar Masri, Rabu (29/5/24)

Ramainya pembuat SKCK tersebut karena banyak pendatang baru ke Batam, yang baru saja tamat jenjang SMA dan SMK. Terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengurus SKCK memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari luar Batam.

"Yang mempunyai KTP luar Batam syaratnya harus membawa surat domisili dari Kecamatan Sagulung. Kalau nggak langsung saja ke Mapolresta Barelang," kata Masri.  (De)

Editor : Ismanto


Posting Komentar