-->

Ads (728x90)

Kepala DP3 Tanjungpinang Robert Lukman Penen Lele Hasil Budidaya Ikan Dalam Ember
Kepala DP3 Kota Tanjungpinang, Robert Lukman saat memanen ikan lele bersama KWT Palem Putri di Jalan Panglima Dompak, Rabu (08/05) (Angga Prasetio /Peristiwanusantara.com).

By Angga Prasetio

TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com
- Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Robert Lukman ikut serta melakukan panen lele bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Palem Putri, di Jalan Panglima Dompak, RT 02, RW 03, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang pada Rabu (08/05).

Beliau bersama masyarakat yang tergabung dalam KWT Palem Putri tampak antusias  memanen lele hasil budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) yang diketahui merupakan satu diantara sejumlah program ketahanan pangan DP3 Tanjungpinang.

Beliau dan rombongan juga tampak ikut mencicipi lele hasil panen yang sudah dimasak dan dihidangkan bersama menu sayur-sayuran hasil kebun KWT Palem Putri itu.

"Saya sangat bersemangat sekali, lelenya sehat serta daging dan masakan ibu-ibu KWT Palem Putri ini juga enak. Tadinya pak Pj Walikota juga sempat mau ikut," tutur Robert.

DP3 sebagai pembina menurut Robert merasa puas dengan hasil yang diperlihatkan KWT di Tanjungpinang saat ini, mengingat sudah banyak KWT yang ikut pada program Budikdamber ini telah berhasil panen, bahkan berkali-kali.

"Mereka ini (KWT Palem Putri) sebelumnya juga sudah panen sebanyak 80 kilo, hasil itu ada yang mereka jual dan ada juga yang dibagikan kekelompok. Dan kabarnya dari hasil panen itu mereka juga sudah berhasil membeli bibit sendiri," tuturnya.

Robert dalam hal ini menegaskan bahwa  DP3 Tanjungpinang sebagai pembina akan terus memberikan pembinaan kepada KWT apabila ada sesuatu hal yang menurut mereka itu merupakan masalah yang akan menghambat perkembangan ikan.

"Kita tetap memberikan peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk mandiri, namun meski begitu kita tetap akan menurunkan penyuluh kita di bidang perikanan secara rutin untuk memantau bila mana mereka ada masalah," tukasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua KWT Palem Putri, Laura Miranti mengatakan bahwa panen yang sudah beberapa kali kelompoknya lakukan itu berawal dari 5000 bibit lele yang diberikan DP3 Tanjungpinang.

"Sebenarnya kita sudah beberapa kali panen, yang terbaru itu 80 kilo," ucapnya.

Sejauh ini belum ada kendala yang berarti, walaupun beberapa anggotanya banyak yang sudah tidak aktif lagi, dimana dari 30 anggota KWT Palem Putri kini hanya tersisa 15 anggota aktif.

"Kalau untuk bantuan pakan dan penyuluhan dari DP3 tidak ada kendala, sejauh ini tetap mereka bantu," pungkasnya. (Angga)

Editor : Ismanto

Posting Komentar