-->

Ads (728x90)

Belum Terima Ijazah, 104 Siswa SMKN I Batam Langsung Direkrut Perusahaan Sebagai Karyawan
Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana. (Dedi/Peristiwanusantara.com)


By Dedi
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Sebanyak 104 siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Batam lulusan tahun 2024 langsung bekerja meskipun belum menerima ijazah. Hal itu bisa terjadi dikarenakan keahlian para siswa/i serta kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.

"Iya benar, ada 104 anak lulusan tahun 2024 ini yang langsung bekerja menyandang sebagai status pekerjaan pada perusahaan," kata Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana, Senin (15/4/24) kepada sejumlah awak media.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam terus menunjukkan kebolehannya dalam hal bidang prestasi. Selain menjuarai berbagai bidang perlombaan, sekolah penggerak ini juga sukses mencetak lulus yang langsung diserap sebagai tenaga kerja oleh perusahaan yang menjalin kerja sama dengan sekolah sebelumnya.

"Habis pengumuman kelulusan kemarin, mereka langsung diterima sebagai karyawan di perusahaan yang telah membuka kelas industri (salah satu kerja sama) di sekolah ini. Status mereka sudah sebagai pekerjaan sekarang walaupun ijazah belum keluar, " ujar Deden Suryana lagi.

Ia juga mengaku kebanggaan tersendiri sebab tanpa harus melalui proses lamaran dan seleksi, mereka yang baru lulus ini sudah bisa langsung kerja.

"Kita patut berbangga hati, karena ini juga sebuah prestasi karena tanpa seleksi dan lamaran mereka langsung direkrut, " katanya.

Disampaikan dia kembali, para siswa yang langsung diterima di dunia industri ini adalah siswa kelas industri. Pasalnya, selama belajar di sekolah, mereka memang sudah dibekali dengan kemampuan di bidang industri yang bersangkutan.

"Dari awal mereka sudah belajar kelas khusus industri itu. Kemampuan mereka dipertajam lagi dengan praktek kerja di lapangan. Mereka sudah punya pengalaman dan sertifikasi sehingga langsung diterima, " kata Deden.

Dijelaskannya, untuk kelas industri yang ada di SMKN I Batam diantaranya, kelas industri TDK, Sumitomo, Schneider, Telkom dan Axio dan perusahaan lainnya. Bahkan ada sampai 200 an perusahaan yang bekerja sama dengan SMKN 1 Batam.

"Semua perusahaan yang berkerja sama dengan kita ada sebanyak 200 an perusahaan. Beberapa diantaranya ada kelas industri di sekolah ini dan merekalah yang merekrut anak-anak kami ini, " kata Deden.

Dengan adanya kerjasama ini, pihak SMKN 1 Batam berterimakasih kepada pihak perusahaan dan berharap bahwa kerjasama ini bisa berlangsung selama-lamanya. (de)

Editor : Ismanto

Posting Komentar