-->

Ads (728x90)

Tumpukan Sampah Hiasi Jalan Usai Lebaran Idul Fitri 1445 H
Tumpukan sampah berada di pinggir jalan Kavling Baru, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Selasa (16/4/2024) (Dedi Manurung/Peristiwanusantara.com)


By Dedi Manurung
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Aneka kantong dan karung berisi sampah menghiasi jalanan seusai lebaran. Situasi itu tidak jauh berbeda dari hari biasa. Artinya, berbagai upaya yang dilakukan seperti menindak pelaku pembuang sampah belum mampu mengubah kebiasan buruk masyarakat.

Tumpukan sampah rumah tangga yang dominan kantong plastik berserakan hingga ke bahu jalan sudah berlangsung lama tepatnya di Kavling Baru, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Tak hanya di Kecamatan Sagulung, namun tumpukan sampah rumah tangga juga terlihat di daerah permukiman Batuaji. Penumpukan sudah terjadi sebelum hari raya Lebaran Idul Fitri 1445 H. Kini tonasenya semakin bertambah sebab ditambah sampah-sampah selama hari raya Lebaran Idul Fitri 1445 H.

“Sudah hampir seminggu ini menumpuk. Sampah semakin banyak karena hari raya kemarin. Apalagi sekarang ini semakin meluber ke bahu jalan,” kata Dikky, seorang warga Sagulung, Selasa (16/4/24).

Diketahui tumpukan sampah juga terjadi di lokasi tempat penampungan sampah sementara, dan juga di pinggir jalan raya yang merupakan lokasi tempat sampah liar. Sampah-sampah ini bahkan mulai meluber ke bahu jalan dan mengeluarkan aroma yang tak sedap sebab campur dengan sampah makanan dan sisa daging.

Tumpukan sampah ini merupakan tempat sampah liar yang sampahnya terus bertambah dari hari ke hari. Ada dua titik lokasi penumpukan sampah di lokasi jalan yang sama.

“Ini sudah ada sebelum Lebaran. Orang pada buang sembarangan ke sini sampahnya. Selama Lebaran ini juga terus bertambah dan mulai meluber sampai ke jalan, ” ujar ibu Hasan, warga di dekat lokasi penumpukan sampah tersebut.

Sementara, Camat Sagulung M Hafiz Rozie sebelumnya sudah memprediksi penumpukan sampah ini, dan armada pengangkut sampah akan membereskan semuanya secara bertahap.

“Tetap akan dibereskan, cuma karena hari raya ini memang tonase agak banyak. Kita minta masyarakat untuk bersabar karena petugas kita tetap berkerja di lapangan,” ujar Camat. (ded).

Foto : Suasana


Posting Komentar