-->

Ads (728x90)

Terlambat Ngangkut Sampah, Belatung Berkeliaran dari Tumpukan Sampah
Tumpukan sampah di salah satu rumah warga di Perumahan Citra Laguna II, Kecamatan Sagulung, Kamis (18/4/2024) (Dedi /Peristiwanusantara.com)

By Dedi
BATAM, Peristiwanusantara.com
- Akibat terlambat diangkut, sampah di Perumahan Citra Laguna II, Kecamatan Sagulung menimbulkan bau busuk, ulat belatung dan lalat bermunculan hingga ke bahu jalan bahkan sampai ke pemukiman warga.

Tumpukan sampah itu membuat warga setempat merasa geram. Pasalnya, sudah hampir satu bulan sampah menumpuk di perumahan tersebut.

Pantauan dilapangan, terlihat sampah di masing-masing rumah warga masih menumpuk. Warga di komplek tersebut berharap supaya petugas kecamatan dan dinas lainnya turun ke lapangan dan mengecek apa kendalanya hingga sampah tidak diangkut-angkut.

"Katanya di group RT, mobil truk sampah rusak, makanya sampah tidak bisa diangkut," ucap Jhon, warga perumahan Citra Laguna II, Kamis (18/4/2024)

Menurut Jhon, pengelola sampah di perumahan tersebut tidak profesional dalam pekerjaannya. Seharusnya, pengelola tersebut mencarikan truk penganti untuk mengangkut sampah,  sehingga masyarakat merasa terlayani.

"Kalau truknya rusak, itu salah satu teknis yang bisa dicari solusi. Ini malah dikorbankan masyarakat banyak. Jika seandainya warga sakit diare karena serangan lalat, siapa yang tanggung jawab," tanya Jhon.



Untuk itu, Jhon berharap agar kinerja pengelola sampah di Kota Batam ini lebih profesional lagi. Sebab kewajiban warga untuk bayar uang sampah selalu dipenuhi.

"Masalah sampah ini sensitif, jadi tolonglah untuk rutin mengangkut sampah sesuai jadwalnya," pintanya.

Menurut warga lainnya, jadwal pengangkutan sampah di komplek mereka sudah semakin molor. Jauh hari sebelumnya, sampah akan diangkut sekali dalam seminggu.

"Awalnya rutin angkut sampah, sekali seminggu pasti datang. Lalu, agak molor jadi 2 kali seminggu, dan sekarang sudah mau sebulan tidak diangkut, akhirnya lalat sama belatung masuk ke rumah," celetuk warga lainnya.

Sementara, Nasir Rahman, petugas sampah di komplek Perumahan Citra Laguna meminta warga agar bersabar. Hal tersebut karena lori sampah yang sering dioperasikannya mengalami kerusakan.

"Truk sampah sudah 1 bulan di bengkel, jadi untuk warga mohon bersabar," singkatnya. (ded)
Editor : Ismanto




Posting Komentar