-->

Ads (728x90)

Resahkan Warga, Polisi,TNI Bersama BKSDA Batam Akan Buru Buaya di Sagulung Batam
Kapolsek Sagulung Iptu Donald Tambunan saat memimpin rapat terkait pemburuan buaya liar di sungai Sei Langkai, Rabu (17/4/2024) (Dedi /Peristiwanusantara.com)

By Dedi
BATAM, Peristiwanusantara.com
-  Tim dari BKSDA Batam yang dibantu oleh unsur Polsek Sagulung, TNI, Brimob SAR Polda Kepri akan memburu memburu buaya muara liar di sungai Sei Langkai yang sudah sangat meresahkan warga setempat.

Pihak Kecamatan Sagulung serta lurah dan RT RW setempat akan ikut bergabung bersama Tim yang dibentuk oleh pihak kepolisian tersebut untuk memburu buaya muara liar tersebut.

Setelah dirapatkan oleh Kapolsek Sagulung, tim akan bergerak pada Kamis (18/4/24) sekira pukul  20.00 WIB malam hingga berlangsung 2 malam.

“ Tim akan menelusuri sepanjang sungai untuk menemukan keberadaan hewan reptile tersebut  bersembunyi,” kata Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan kepada wartawan, Rabu (17/4/24).

Ia menyebut sebelum bergerak kelapangan, pihaknya akan bentuk tim untuk penanganan atau penangkapan buaya tersebut. Tim  akan berkumpul di kantor Camat Sagulung dengan unsur-unsur yang ada.

"Kita akan telusuri bantaran sungai hingga muara laut dengan alat seperti perahu karet serta alat lainnya. Kita akan bergerak mulai Kamis (18/4/24) malam hingga malam selanjutnya," katanya.
Dikatakannya, keberadaan buaya tersebut sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu, kita memaksimalkan untuk penangkapan sampai dapat buaya tersebut.

"Jika sudah tertangkap buaya tersebut, akan kita pindahkan ke habitatnya atau ketempat observasi dari pihak BKSDA kota Batam," katanya lagi.

Untuk itu, demi melancarkan proses penangkapan buaya ini, Kapolsek Sagulung minta masyarakat agar tidak beraktivitas dahulu dipinggir sungai. Dan bila melihat buaya tersebut, tolong perangkat RT RW agar disampaikan ke pihak kepolisian.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh anggota agar tidak gegabah dalam melakukan penangkapan.

" Saya ingatkan kepada seluruh tim jangan takabur atau ceroboh,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala resort BKSDA Mukakuning Rempang Batam Yon Romby Sihotang menyampaikan, bahwasannya tim akan bergerak untuk upaya melakukan penangkapan buaya tersebut. Jika memang tertangkap akan dievakuasi ke tempat habitatnya.

Ia juga menjelaskan, jika buaya yang ada di muara sungai itu bukan dari pulau bulan, melainkan sudah berkembang atau populasi disana. Karena kalau buaya dari pulau itu sudah ada takingnya atau tandanya.

"Kita analisis tempatnya, apakah sudah berkembang biak disana atau tidak. Karena jika ada hutan bakau atau rawa-rawa pasti ada buaya di sana. Jadi kita lihat besok, apakah banyak buaya atau tidak. Akan tetapi kita harus menjaga keselamatan masyarakat setempat," katanya. (ded).

Editor : Ismanto

Posting Komentar