-->

Ads (728x90)

Jangan Terlena Dengan Euforia Hari Raya, Tetap Awasi Anak Agar Tak Obesitas
Kadinkes Tanjungpinang, Rustam (Angga Prasetio / Peristiwanusantara.com)


By Angga Prasetio
TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com
- Selain stunting atau gizi buruk, berat badan berlebih atau obesitas pada anak saat ini turut menjadi momok yang harus diwaspadai.

Pasalnya, anak yang mengalami obesitas rentan terkena penyakit kencing manis atau diabetes serta penyakit lainnya seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi hingga kanker.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang ternyata di Kota Tanjungpinang juga terdapat anak-anak yang mengalami obesitas.

Jumlahnya pun tidak main-main, dari data yang diberikan Dinkes Kota Tanjungpinang diketahui ada sebanyak 53 orang anak yang  mengalami obesitas sepanjang tahun 2023.

"Obesitas usia 0 sampai 23 bulan ada 12 orang, sementara usia 0 sampai 59 bulan ada 41 orang," kata Kadinkes Tanjungpinang, Rustam, belum lama ini.

Dari data tersebut Rustam mengingatkan kepada orang tua yang anaknya mengalami berat badan berlebih itu untuk memperbanyak aktifitas fisik.

"Diajak bermain yang menggunakan gerak tubuh," ujar Rustam.

Selain itu Rustam juga mengingatkan agar pola pemberian makan pada anak yang mengalami berat badan berlebih itu untuk segara diperbaiki.

"Dengan mengutamakan gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein hewani maupun nabati serta sayur dan buah. Batasi konsumsi makanan tinggi kalori seperti kue manis, soft drink dan sejenisnya," jelas Rustam. (Angga )

Editor : Ismanto

Posting Komentar