-->

Ads (728x90)

Babinsa Yuniaro Zebua Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla
Babinsa Sertu Yuniaro Zebua saat gotongroyong bersama warga binaan membersihkan TPU di RT 01/RW 07 Pian Balau Air Batu, Sabtu (02/03/2024) (Bernard/Peristiwanusantara.com).


By Bernard
NATUNA, Peristiwanusantara.com
- Babinsa Kelurahan Bandarsyah, Sertu Yuniaro Zebua, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna melaksanakan gotong royong bersama warga binaan membersihkan Taman Pemakaman Umum (TPU) di RT 01/RW 07 Pian Balau Air Batu, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (02/03/2024).

Saat melaksanakan gotong royong, Babinsa Sertu Yuniaro Zebua berkesempatan mensosialisasikan tentang dampak dan bahaya dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurut Sertu Yuniaro untuk mencegah terjadinya Karhutla yang sering terjadi di Kabupaten Natuna saat musim kemarau tiba, hal yang perlu dilakukan adalah pencegahan sejak dini yaitu dengan memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat dan pemilik lahan.

"Jika kita rutin memberikan imbauan bahaya Karhutla sejak dini, masyarakat menjadi paham akan dampak dan bahaya yang akan dialami jika terjadi Karhutla, sehingga masyarakat dapat berpikir bijak untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan di saat musim kemarau," katanya.

Dalam kesempatan ini, Sertu Yuniaro Zebua mengajak para RT, RW, Kaling, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat untuk saling bersinergi dalam upaya mencegah terjadinya karhutla.

"Mari kita cegah kebakaran hutan dan lahan dengan tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar," ungkapnya.

Tidak lupa, ia juga mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan dan menjaga kamtibmas guna menciptakan lingkungan yang tetap aman, nyaman, damai dan kondusif.

"Apabila diantara kita ada mengetahui terjadinya suatu permasalahan di tengah-tengah masyarakat atau adanya gangguan yang ingin memecah kerukunan masyarakat, agar segera melaporkannya kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, maupun perangkat desa terdekat untuk segera mengambil solusi dan tindakan penyelesaiannya," pungkasnya. (Nard).

Editor : Ismanto


Posting Komentar