-->

Ads (728x90)

Toko Penjual Rokok Elektrik di Karimun Terbakar
Petugas Damkar sedang memadamkan api yang membakar lantai II toko Vapolheel di Jalan A Yani Kelurahan Sei Lakam Timur Kecamatan Karimun, Jumat (9/2/2024) (Robert/Peristiwanusantara.com)

By Robert
KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Warga dihebohkan dengan kebakaran yang terjadi di Jalan A Yani Kelurahan Sei Lakam Timur Kecamatan Karimun. Lantai dua rumah toko (Ruko) penjual rokok elektrik atau Vape bernama Vaporhell terbakar pada Jumat (9/2/2024) sekira pukul 09.30 WIB.

Kepulan asap hitam yang keluar dari lantai dua ruko tersebut membuat warga setempat panik, khususnya penghuni ruko di sekitar ruko tersebut.

Ketua RT 01 Subagyo kepada wartawan mengatakan api diperkirakan berasal dari lantai dua. Sementara ruko tersebut terdiri dari tiga lantai.

Saat kejadian, ia bersama dua orang karyawan toko yang berada di dalam ruko tersebut berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

"Sempat dilakukan upaya dengan APAR, tapi kondisi di dalam itu berasap dan tidak terlihat," ujarnya di lokasi kejadian.

Berselang 10 menit kemudian, mobil pemadam kebakaran langsung terjun ke lokasi hingga api dapat dijinakkan. Saat kejadian, Subagyo juga sempat mendengar suara percikan arus listrik.

"Pemadam datang tidak lama lah. Sewaktu mobil Damkar masih diperjalanan, kami bersama warga membantu memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun Hendra Hidayat mengatakan peristiwa kebakaran itu diketahuinya dari laporan masyarakat sekira pukul 09.30 WIB.

" Kami menerima laporan pukul  09.30 WIB. Dari laporan itu kami langsung menurunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi," kata Hendra.

Ia juga membenarkan api berasal dari lantai 2 ruko toko Vape tersebut. Namun belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran yang menghanguskan ruko itu.

" Sumber api diduga akibat hubungan arus pendek dari stop kontak yang ada di lantai II. Tapi kita tunggulah keterangan resmi dari kepolisian soal penyebab kebakarannya," ujarnya.

Hendra mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada disaat kondisi panca roba seperti saat ini, kebakaran mulai terjadi peningkatan.

"Tetap berhati-hati, selalu mengecek kondisi kelistrikan. Kondisi panca roba seperti ini, kebakaran mulai meningkat. Jika terjadi kebakaran, segera hubungi pemadam kebakaran"ucapnya. (Bert)

Editor : Ismanto


Posting Komentar