-->

Ads (728x90)

Jamselinas ke-12 Batam, Catatkan Rekor Peserta Mancanegara Terbanyak
Ribuan pesepeda yang mengikuti Jamselinas ke-12 Kota Batam di Dataran Engku Batam Center, Batam, Sabtu (11/11/2023) (dok Humas BP Batam)

By Andi
BATAM, Peristiwanusantara.com
– Sekitar 2.500 peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara mengikuti Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-12 Kota Batam.

Peserta Jamselinas ke 12 Kota Batam itu dilepas oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi pada Sabtu (11/11/2023) di Dataran Engku Batam Center, Batam.

Disela-sela kegiatan, Ketua Panitia Penyelenggara Jamselinas ke-12 Kota Batam, Indra Haryanto kepada wartawan mengatakan jumlah peserta Jamselinas yang terdaftar sebanyak 2.500 berasal dari 38 provinsi di tanah air bahkan mendunia hingga Singapura, Malaysia dan Filipina, Australia dan Thailand.
Adapun peserta yang paling jauh dari nusantara yakni dari Papua jumlahnya sekitar 22 orang, peserta dari Singapura dan Malaysia sebanyak 300 peserta.

Menurutnya banyaknya peserta mengikuti Jamselinas ke 12 Kota Batam tidak terlepas dari komitmen BP Batam yang terus mengembangkan infrastruktur wilayah menjadi begitu mumpuni dan siap dinikmati tak hanya masyarakat, tetapi keberlanjutan investasi dan event internasional.

"Tentunya juga peserta asing terbanyak tahun ini. Karena negara mereka dekat dengan Batam, dan peserta nusantara terbanyak dengan jarak yang cukup jauh," tuturnya.

"Semangat mereka untuk bergabung ke Jamselinas luar biasa. Karena juga promosinya dibantu sama pak Rudi yang terus mengimbau dan mensupport acara ini," imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk tahun ini antusias pesertanya sangat luar biasa, padahal mereka datang menggunakan pesawat sudah tentu mengeluarkan biaya yang tidak murah.

Beliau juga bersyukur karena Jamselinas ke-12 Kota Batam berhasil memecahkan beberapa rekor. Mulai dari peserta yang menggunakan sepeda Brompton terbanyak dan lainnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari Johor Bahru Malaysia, Edaa Syuib mengaku sangat senang bisa hadir dalam Jamselinas yang digelar di Kota Batam.

Ia mengatakan jalur yang dilalui dalam event Jamselinas ke-12 ini cukup menantang karena melalui jalur perbukitan. Meski demikian, Edaa sangat menikmati bersepeda di Kota Batam.

"Memang indah, tidak menyesal kami. Karena Batam memang mantap untuk pengalaman kita dari Malaysia memang the best," ujarnya dengan logat Melayu.

Edaa menambahkan, ia hadir ke Kota Batam bersama 60 orang lainnya dari Malaysia. Tidak hanya untuk mengkuti event Jamselinas, Edaa juga akan mengunjungi beberapa tempat terbaik di Kota Batam.  
"Saya di Batam tiga hari dua malam, nantinya akan menikmati pemandangan panorama Batam. Kami sudah biasa ke Batam untuk jalan-jalan. Tapi kali ini kami datang ke Batam sekaligus untuk bergabung dengan pesepeda Batam," imbuhnya. (an)

Editor : Ismanto

Posting Komentar