-->

Ads (728x90)

Bupati Karimun Tinjau Lokasi Banjir dan Menyerahkan Bantuan Paket Sembako kepada Warga yang Terdampak
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau lokasi banjir di Ruas Jalan di Masjid Darrul Janah Teluk Air. Kawasan, Sabtu (25/06/2022) (Robert /Peristiwanusantara.com)

By Robert
KARIMUN, Peristiwanusantara.com
– Mendapat informasi adanya sejumlah lokasi di Karimun dilanda banjir, Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si langsung meninjau sejumlah lokasi yang terendam banjir tersebut pada Sabtu (25/06/2022) sekira pukul 09.00 WIB.

Banjir itu disebabkan curah hujan cukup tinggi mengakibatkan genangan air cukup tinggi setinggi 30 centimeter bahkan ada yang sampai setinggi dada orang dewasa.

Adapun lokasi yang ditinjau oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq yakni : Pasar Malam dan Ruas Jalan di Masjid Darrul Janah Teluk Air. Kawasan tersebut terendam banjir sekitar 30 sentimeter.

Saat meninjau lokasi banjir itu, Bupati Karimun kepada sejumlah awak media mengatakan ia telah meminta Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) untuk meninjau sejumlah titik yang menjadi pemicu banjir.

Selain itu Bupati juga meminta unsur pemerintah kecamatan untuk melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak, khususnya warga yang tergolong terdampak berat dari banjir.

Setelah meninjau lokasi banjir, pada sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB, Bupati Karimun kembali melakukan peninjauan sekaligus menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Bantuan berupa paket sembako itu  diserahkan oleh Bupati Karimun secara simbolis kepada sejumlah warga di tiga RT dan satu RW di Kelurahan Teluk Air.

“ Jumlah bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak sebanyak 135 paket sembako. Kelurahan Teluk Air menjadi salah satu titik terdampak banjir yang tergolong berat, tinggi genangan air sampai dada orang dewasa,” katanya.

Bupati menemui warga Kelurahan Teluk Air lantaran genangan air di lokasi itu cukup tinggi. Ia menyebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, akan menyalurkan bantuan kepada warga-warga terdampak lainnya di Pulau Karimun Besar.

Pihaknya telah mendata titik-titik yang warga sangat terdampak, pada Senin bantuan paket sembako akan disalurkan.

Bupati juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena belum sepenuhnya mampu untuk menangani masalah banjir, khususnya disaat guyuran hujan dengan intensitas tinggi.

"Banjir seperti ini memang tidak selalu, namun pemerintah daerah tentu akan berupaya untuk meminimalisirnya dengan melakukan peningkatan atau normalisasi drainase," terangnya.

Bupati selanjutnya mengatakan sejumlah titik rawan banjir juga sudah ditangani oleh pemerintah daerah, salah satunya adalah Pasar Malam.

Pasar Malam,katanya, akan dibangun drainase hingga Pelabuhan Sri Tanjung Gelam sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya banjir.

"Di Pasar Malam akan dibangun draenase yang akan membelah jalan sampai Pelabuhan Sri Tanjung Gelam agar tidak terjadi banjir lagi, sekarang sudah tahap lelang dan tahun ini akan dikerjakan," kata Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan ikut bersama pemerintah dalam mencegah terjadinya banjir. Salah satunya bagaimana berkolaborasi untuk membersihkan drainase dari sampah yang kerap memicu terjadinya banjir. (Bert)

Editor : Ismanto

Posting Komentar