-->

Ads (728x90)

Babinsa Rizal Akbar bersama Warga Binaan Gotongroyong Bersihkan Bahu Jalan, Draenase dan Pemakaman
Babinsa Rizal Akbar bersama warga binaan memberishkan pemakaman Jumat (27/10/2023) (Bernard/Peristiwanusantara.com)

By Bernard
NATUNA, Peristiwanusantara.com
– Setiap sekali seminggu, warga Desa Ceruk melaksanakan gotong royong Jumat Bersih. Gotong royong itu untuk memupuk kerjasama dan kekompakan masyarakat.

Seperti pada Jumat (27/10/2023), gotong royong Jumat Bersih dilaksanakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Ceruk, Serda Rizal Akbar, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, bersama warga binaan di Jalan Ahmad Linggang, RT 02 - 03 Dusun I dan Dusun II Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

“ Gotong royong adalah salah satu warisan leluhur yang memiliki nilai-nilai positif yang harus kita lestarikan, “ kata Babinsa Rizal Akbar.

Secara garis besar, kata Rizal Akbar, gotong royong diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Dengan demikian pada hakikatnya, dalam kegiatan gotong royong terdapat sebuah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengharapkan imbalan.

"Dengan demikian, budaya gotong royong ini harus selalu dijaga, dilestarikan dan dikembangkan karena budaya ini mengandung nilai-nilai yang positif, memperkuat persatuan dan kesatuan, membangun kebersamaan serta melepaskan perbedaan," ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Babinsa Rizal Akbar bersama perangkat desa dan Bhabinkamtibmas membaur bersama masyarakat secara bersama-sama melakukan gotong royong membersihkan kiri kanan jalan, parit dan pemakaman Desa Ceruk yang telah ditumbuhi semak belukar.

Dikatakan Serda Rizal Akbar, kegiatan ini rutin dilakukan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) bulan oleh pihak desa yang dilaksanakan secara bergilir di 3 (tiga) dusun yang ada di wilayah Desa Ceruk.

Lanjut Serda Rizal, perilaku gotong royong perlu ditanamkan dalam setiap elemen masyarakat yang ada di wilayah binaan untuk membangun kebersamaan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran setiap elemen masyarakat dalam menerapkan kegiatan gotong royong sehingga bisa membuat rasa persaudaraan semakin erat dan kompak," tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan goro tersebut, Kades Ceruk beserta Staf, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas Briptu Nicolas, Kadus I,II & III, RT dan RW, Tokoh adat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, Tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar. (Nard).


Editor : Ismanto

Posting Komentar