-->

Ads (728x90)

Bupati Natuna Buka Turnamen Gasing Cup Desa Ceruk yang Diikuti 33 Tim
Bupati Natuna Wan Siswandi mempangkak sebuah gasing saat membuka Turnamen Gasing Cup Desa Ceruk, Minggu (03/09) (Bernard / Peristiwanusantara.com)

By Bernard

NATUNA, Peristiwanusantara.com – Bupati Natuna Wan Siswandi membuka Turnamen Gasing Cup Desa Ceruk, Minggu (03/09) yang digelar di Desa Ceruk. 

Pembukaan turnamen ini, ditandai dengan pangkak yang dilakukan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi yang berhasil memecahkan 2 buah gasing. 

Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar bertindak sebagai wasit pada turnamen ini dan turnamen ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar anggota DPRD Natuna Rusdi, serta camat dan beberapa kepala desa.

Turnamen gasing yang mempertandingkan dua kategori, yakni pangkak dan betendin (tanding lama gading berputar) ini akan digelar selama 17 hari ke depan dan diikuti sebanyak 33 tim gasing dari seluruh wilayah di Natuna.

Ketua Panitia Haji Muhammad mengatakan bahwa, sebelumnya ada 44 tim mendaftar namun hanya 33 tim yang ikut pertandingan.

Wan Siswandi menilai bahwa kegiatan seperti ini merupakan hal positif dalam melestarikan permainan rakyat yang menjadi seni-budaya masyarakat Natuna.

"Terus lestarikan, permainan rakyat jangan sampai hilang," terang Wan Siswandi.

Hingga saat ini, Bupati mengatakan ia sering melihat sekumpulan warga di desa-desa berlatih gasing dengan penuh semangat.

"Jadi sudah seharusnya ada pertandingan gasing, untuk menumbuhkan rasa samangat diri agar permainan gasing tetap lestari di kalangan masyarakat Natuna," terangnya.

Wan Siswandi menilai permainan gasing dapat menjadi sarana dan wahana untuk mempererat kerukunan, kebersamaan dan jalinan silaturahmi, dan harus dipertahankan keberadaannya. (Nard)


Editor : Ismanto


Posting Komentar