-->

Ads (728x90)

 

Hadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri, Walikota Rudi Sampaikan Ini
Walikota Rudi (kanan) menerima cendramata saat menghadiri  Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri di Swissbell Hotel Harbour Bay, Selasa (29/8) (Carles/Peristiwanusantara.com)

By Carles


𝐁ATAM, Peristiwanusantara.com
– Walikota Batam, Muhammad Rudi menghadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri di Swissbell Hotel Harbour Bay, Selasa (29/8).

Dikesempatan itu, Walikota Rudi mengatakan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman mengamanahkan setiap film yang akan diedarkan dan dipertunjukkan wajib mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor dari Lembaga Sensor Film.

Ia menyebut perkembangan teknologi informasi sangat pesat dan berpengaruh besar terhadap peredaran dan pertunjukan film, dimana film saat ini tidak hanya disaksikan melalui layar bioskop dan televisi, namun dapat diakses melalui internet, platform digital dan media sosial.

Menurut Rudi penyesoran film itu, untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif dari apa yang ditonton. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih tontonan.

Hal tersebut perlu dilakukan lantaran saat ini masyarakat sangat mudah mengakses tontonan tanpa dibatasi tempat maupun waktu sehingga kecerdasan dalam memilih tontonan harus terus disosialisasikan ke masyarakat.

Menurut Rudi sosialisasi tersebut sangat bagus, karena dapat membuat masyarakat dan publik mendapatkan pendidikan dan pengetahuan terhadap film, melalui penguatan fungsi literasi. Dengan begitu, kata dia, masyarakat memiliki kepedulian dan kesadaran untuk menonton film sesuai dengan klasifikasi usia dan peruntukkannya.

“ Untuk menguatkan fungsi literasi masyarakat dalam aspek Perfilman, Lembaga Sensor Film pada tahun 2021 mencanangkan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri yakni gerakan memilah dan memilih tontonan sesuai dengan klasifikasi usia,” katanya.

Menurut Rudi hal tersebut merupakan langkah penguatan literasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam memilah dan memilih tontonan.

Rudi juga mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di Batam, apalagi saat ini Kota Batam sedang gencar membangun demi kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, hingga kebangkitan investasi.  (les)



Editor : Ismanto


Posting Komentar